logo blog

Rabu, 26 Oktober 2016

Cara Memberi Password Pada File Microsoft Office

Lekemede | Pernahkan anda merasa kesal karena dokumen hasil karya untuk presentasi anda di contek lalu dimodifikasi orang lain ? Bisa jadi hal tersebut karena sebelumnya anda ceroboh karena belum memproteksi file yang anda buat. Maka dari itu diperlukan sedikit tips sederhana dengan memberi password pada setiap file penting yang anda buat dengan microsoft office.

Menggunakan password hanya untuk file terpenting saja, jika pada setiap file yang anda buat diberi password hal tersebut akan menjadi pekerjaan rumah buat anda jika suatu hari anda lupa password tersebut. File yang ingin kita simpan tentu saja mengandung sebuah informasi, dan dalam file tersebut tentunya ada yang boleh diketahui oleh umum,teman dan ada yang bersifat privasi,

tutorial cara menggunakan password pada file microsoft office
Cara Memberi Password Pada File Dokumen
Banyak contoh file yang sifatnya privasi seperti data perusahaan yang tidak boleh diketahui oleh umum. File perusahaan yang sifatnya privasi jika dibiarkan dengan tidak diberikan password tentu saja sangat berbahaya dan bisa digunakan oleh orang yang tidak berkepentingan seperti kompetitor dari perusahaan.

Alasan File Tidak Menggunakan Password

Banyak berbagai alasan yang klasik mengapa mereka tidak mau menggunakan password pada file penting mereka. Berikut alasannya :

  • Takut lupa password 
  • Ribet 

Selain alasan itu tentunya mungkin anda belum tahu cara membuat password. Nah maka dari itu penulis akan menjelaskan tutorial bagaimana cara menyimpan file kemudian anda beri password.

Pada dasarnya cara memberikan password pada sebuah file itu tata cara menggunakannya sama, baik itu aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel maupun Microsoft PowerPoint, adapun langkah-langkah yang harus anda ikuti adalah sebagai berikut :
Ketika akan menyimpan file dokumen anda cari menu Save As (anda bisa melakukan bypass ke save dengan menekan F12 pada keyboard komputer.
Kemudian akan muncul tampilan setelah kalian memilih menu Save As (biasanya yang dilakukan langsung memilih Save) namun karena anda ingin memberikan password terlebih dahulu, maka anda sebelum Save pilih pada menu Tools (lihat gambar)
Cara Memberi Password Pada File Microsoft Word Excel Power Point
Cara Mudah Memproteksi File dengan Password
Selanjutnya anda cari "General Option" lalu anda masukkan password yang mudah anda ingat pada kolom yang terdapat tulisan perintah "Password to Open" dan "Password to Modify" (perbedaan kolom yang pertama untuk membuka file yang kolom kedua untuk mengedit)
Setelah itu anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi langsung OK saja 
Setelah "OK" akan muncul pemberitahuan perintah "reenter password to open dan modify" anda masukkan password sama yang anda buat tadi sampai selesai.
Langkah terakhir jendela Save akan muncul kembali, lalu anda Save. Selesai 
Jika anda ingin memberi password pada file Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint tata caranya sama saja seperti diatas. Demikian tutorial cara memproteksi file dengan memberikan password pada setiap file penting.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon