logo blog

Minggu, 09 Oktober 2016

Cara Meningkatkan dan Mengasah Kreativitas

Alasan Kreativitas Harus Diasah 

Mengasah kreatifitas ibarat mengasah pisau tumpul agar menjadi tajam. Pisau yang tumpul tidak akan berguna dan tidak bisa dipakai untuk memotong apapun. Lain halnya jika pisau tersebut menjadi tajam, anda pasti tahu dan merasakan manfaat jika anda memiliki pisau yang tajam.

Begitu halnya dengan kemampuan otak kita. Jika otak yang dideskripsikan tumpul apa yang bisa anda perbuat ? pastinya akan kehilangan semangat berkreativitas bukan ! 


Cara Meningkatkan dan Mengasah Kreativitas
Sementara, Anda akan bertindak sesuai dengan kesimpulan yang Anda dapatkan. Anda tidak akan pernah mendapatkan ide-ide kreatif jika malas berpikir

Mengasah kreativitas dan menjaganya sangat diperlukan karena salah satu hal penting bagi keberhasilan hidup anda di dunia. Dalam berkreativitas bukan saja milik seniman seni lukis, pemusik dan seniman lainnya, tetapi dalam semua aspek kehidupan diperlukan kemampuan kreativitas untuk mengatasi masalah dan mendapatkan ide-ide untuk memperbaiki karir, bisnis, dan hidup anda. 

Mempunyai banyak kreativitas akan menjaga gairah hidup dan menjadikan hidup Anda terus melaju dengan kesuksesan. Dalam diri setiap insan manusia memiliki kelebihan agar menjadi lebih kreatif. Kemampuan insting untuk meningkatkan kreativitas telah diberikan oleh yang Maha Kuasa karena manusia adalah makhluk yang sempurna dan makhluk lainnya. 

Ada hal yang bisa menghambat kreativitas alami kita buntu sehingga akan selalu membuat kesalahan dalam berpikir dan menjadikan diri kita lebih banyak menjadikan masalah daripada sebaliknya. Untuk itu kita perlu mengasah kreativitas agar tetap tajam dan mampu menghasil ide-ide cemerlang.

Tips Mengasah dan Meningkatkan Kreativitas

Jika anda akan menarik suatu kesimpulan sebaiknya anda harus mendapatkan terlebih dahulu informasi yang cukup dan akurat. Jika anda melakukannya dengan kesabaran dan kemauan yang tinggi maka hal iu dikategorikan anda sedang mengasah kreativitas.

Menilai dari sudut pandang orang lain adalah sesuatu hal yang positif daripada menilai dari sudut pandang anda sendiri. Diperlukan sudut pandang orang lain agar lebih menjadi objektif. Contohnya saja anda menemukan sebuah ide dan orang lain pun mempunyai ide yang sama namun berbeda. 

Alangkah baiknya anda melakukan kolaborasi dengan sudut pandang orang lain yang akan menjadikan ide anda lebih sempurna. Ingat walau orang lain itu mempunyai ide yang lebih sedikit, namun belum tentu anda mengetahuinya.

Jangan melakukan kreativitas jika suasana hati anda sedang tenang. Mulailah belajar berkreativitas tanpa dipengaruhi oleh suasana hati. Jika anda melakukannya tergantung suasana maka pikiran anda tidak akan bekerja dengan baik. 

Menghindari kebiasaan untuk malas berpikir bisa menjadikan penghalang yang besar untuk anda berpikir jernih. Jika anda malas berpikir bisa jadi akan mendapatkan kesimpulan yang salah, informasi yang tidak akurat, dan tidak akan mendapatkan apa yang seharusnya anda raih. 

Jika dalam bertindak sesuai kesimpulan namun anda malas berpikir anda tidak akan pernah mendapatkan ide-ide tersebut untuk menunjang kesimpulan yang anda buat.

Sementara, Anda akan bertindak sesuai dengan kesimpulan yang Anda dapatkan. Anda tidak akan pernah mendapatkan ide-ide kreatif jika malas berpikir.

Contohnya saja jika anda sedang melihat berita di televisi, terdapat pola pikir yang tidak anda sadari menerima informasi tersebut. Anda harus berpikir bahwa berita itu adalah sebuah opini, anda harus melihatnya dari sudut pandang lain sebelum mengambil kesimpulan benar atau tidaknya hal tersebut.

Opini yang anda dapat dari orang lain jangan sampai mempengaruhi otak anda untuk berpikir. Meningkatkan dan Mengasah Kreativitas dan berpikir dengan jernih tanpa terpengaruh opini orang lain yang belum tentu benar dan salahnya. Semoga bermanfaat !

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon