logo blog

Selasa, 11 Oktober 2016

Dampak Positif dan Negatif Gaya Hidup Modern

Melihat Sisi Positif dan Negatif Terhadap Pola Hidup Modern

Banyaknya konsep yang bermunculan mengandung kepraktisan, yang kemudian diharapkan sumber daya manusia yang dihasilkan akan lebih modern, dengan kepraktisan tersebut beban pekerjaan yang ditanggungnya akan lebih ringan.



Jaman modernisasi merupakan masa dimana kehidupan manusia akan mengalami perubahan, salah satunya cara pandang terhadap berbagai macam jenis persoalan yang menyangkut salah satu individu atau kelompok masyarakat yang ketika dalam melakukan tindakan lebih ke arah yang serba praktis ataupun otomatis.  

melihat sisi positif dan negatif terhadap pola hidup moderenisasi

Dampak Positif  Era Modernisasi

Dengan adanya teknologi baru dari segala bidang serta peralatan yang serba modern, pekerjaan yang biasanya dikerjakan secara manual kini akan serba otomatis dan meringakan beban pekerjaan.
Gaya hidup yang serba instan dengan menggunakan layanan online akan membantu, atau menjangkau dan memudahkan ketika kita membutuhkan sesuatu. 
Modernisasi secara tidak langsung akan memperkaya unsur-unsur kebudayaan, yang menghasilkan budaya baru tanpa melupakan budaya yang lama tentunya.

Dampak Negatif Era Modernisasi

Sumber Daya Manusia akan dimanjakan oleh munculnya kecanggihan teknologi dari segala bidang. Hal ini tentunya akan menimbulkan adanya ketergantungan dan membuat kita menjadi malas melakukan hal-hal yang dikerjakan secara manual.
Manajemen waktu akan mengalami perubahan. Contohnya saja saat seseorang bermain ponsel mereka sampai melupakan waktu. Hal tersebut akan menggangu kehidupan secara jasmani maupun rohani dan sosialisasi dengan lingkungan akan berkurang yang menyebabkan hidup secara individu.
Pada era modernisasi mereka bisa membentuk komunitas sendiri pada dunia maya dan mengkesampingkan komunitas yang nyata didalam lingkungan sekitarnya.
Seperti kita ketahui bahwa sebelum adanya pengaruh modernisasi, masyarakat sangat menghargai dan menerapkan nilai dan norma-norma yang berlaku sebagai masyarakat dengan adat dan budaya ketimuran. Seperti contohnya saja tentang sopan santun, tata krama, kerukunan umat beragama dan dan mencintai kebudayaan.
Baca : Alasan Merubah Gaya Hidup
Namun sekarang ini bisa kita lihat, bahwa nilai dan norma-norma tersebut mulai bergeser dan berkurang. Yang disebabkan pengaruh teknologi dan budaya asing, dalam kehidupan kemasyarakatan seperti nilai kerukunan, budaya gotong royong yang sekarang ini sudah mulai luntur oleh modernisasi. 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon