logo blog

Selasa, 11 Oktober 2016

Pengertian Niche Dalam Ilmu Blogging

Cara Menentukan Niche Yang Tepat Di Blog

Dalam dunia blogging kata Niche mempunyai definisi seperti Topik atau Kategori suatu situs web atau blog. Banyak jenis Niche dalam sebuah halaman situs web. Contohnya saja blog Lekemede ini yang menggunakan Niche campur-campur alias gado-gado. Apakah menentukan suatu Niche terlebih dahulu itu penting ketika akan membangun sebuah situs web atau blog ?

Ya ! menurut saya sangat penting. Alasannya bagaimana anda bisa membuat blog tanpa perencanaan dan Niche yang jelas.

Cara Menentukan Niche Yang Tepat Di Blog

Untuk menentukan Niche Blog sebaiknya anda melakukan riset terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan keyword planner untuk mencari kategori yang sedang banyak di cari pengguna internet.

Setelah anda menemukan niche yang tepat sesuai dengan kemampuan anda untuk bisa membuat konten niche tersebut. Membuat artikel yang diluar kemampuan atau hobi anda akan sedikit mengalami hambatan.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Niche Tertentu

Kelebihan menggunakan satu topik atau kategori didalam blog adalah anda akan fokus pada suatu konten tertentu. Misalnya anda menggunakan niche tentang Pariwisata maka anda harus membuat artikel tentang perjalanan, budaya, wisata dan hal lainnya yang berhubungan dengan hal pariwisata.
Kelebihan lainnya anda hanya berhubungan dengan orang-orang yang menyukai pariwisata. Bergabung dengan group dan share artikel dengan komunitas yang berhubungan dengan niche blog anda
Kekurangan menggunakan Niche tertentu hanya keterbatasan anda dalam membuat konten saja. Menurut saya itu sudah hal umum, banyak blogger yang tidak konsisten dengan tema blognya karena keterbatasan tersebut yang akhirnya menjadi blog gado-gado.

Kelebihan Blog Gado Gado

Jika anda menggunakan niche gado-gado akan membuat anda lebih kreatif dan secara terus menerus mempunyai ide terbaru. 
Apa saja yang anda ketahui anda sampaikan melalui blog anda.  
Memiliki topik bahasan yang dari berbagai topik akan mendatangkan pengunjung untuk semua kalangan.

Kekurangan Blog Gado Gado

Ketika anda menginginkan submit ke situs direktori agak bingung karena isinya tidak tentu. Namun dengan submit ke situs direktori itu tidak baik bagi peringkat blog.
Pemilik blog akan dianggap tidak konsisten dan tidak mempunyai keahlian. Padahal didalam konten tertentu ada salah satu keahlian anda. 
Sumber artikel dianggap hanya hasil copy yang sudah di edit sebelumnya kemudian di publish ulang.

Berikut ini beberapa niche yang bisa menjadi rekomendasi anda berdasarkan hasil penelusuran saya pada google keyword planner :

Wisata, Otomotif, Kesehatan, Berita, Property, Bisnis, Asuransi, Games dan Teknologi
Baca : Mengenal Jenis Jenis Blog
Semua pendapat tersebut adalah pengalaman dari penulis. Silahkan anda simpulkan sendiri dan bagaimana anda menanggapinya. Demikian ulasan tentang pengertian niche dalam ilmu blogging yang memiliki kelebihan dan kekurangannya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon