logo blog

Senin, 10 Oktober 2016

Persiapan Penting Sebelum Membangun Blog

Langkah-Langkah Sebelum Membuat Blog


Ada hal dan langkah penting yang harus anda persiapkan sebelum membangun blog. Modal yang terpenting untuk membuat blog adalah adanya keseriusan dan konsistensi. Banyak para blogger yang tadinya hanya suatu hobi, namun ketika mereka tahu manfaat dari sebuah blog maka mereka baru mengarah pada keseriusan dan konsistensi.

Saat anda serius membangun blog maka anda harus mengatur manajemen waktu. Membuat jadwal posting sangat penting. Posting yang terjadwal akan menjadikan blog anda selalu dirayapi oleh mesin pencari (robot google atau spider).
Persiapan Penting Sebelum Membangun Blog
Tahap Persiapan Membuat Blog Menggunakan Platform Blogspot (Blogger)
Sebaliknya jika anda tidak konsisten dalam membuat artikel maka blog anda akan ditinggalkan oleh spider dalam pengertian artikel anda akan memakan waktu yang cukup lama untuk di indeks.

Tahap Persiapan Membuat Blog Menggunakan Platform Blogspot (Blogger)


  1. Mempunyai email yang terverifikasi dengan nomer ponsel (jika menggunakan blogspot anda harus mempunyai email gmail)
  2. Niche (Kategori atau Tema blog yang akan anda buat misalnya saja tentang Pariwisata) 
  3. Template (tampilan blog) 
  4. Akun Media Sosial seperti facebook dan twitter untuk mengenalkan artikel atau yang biasa disebut konten yang anda buat.
  5. Artikel
Setelah anda mempersiapkan hal tersebut diatas, maka lakukanlah riset terlebih dahulu. Untuk membangun blog terdapat banyak pilihan yang bisa anda jadikan referensi sebelum anda memutuskan. Terdapat 2 Platform yang saat ini sangat terkenal, mudah dalam pengoperasian dan tidak diragukan kecanggihannya.

Masing-masing platform ini memiliki kecanggihan dan kekurangan. Untuk kecanggihannya mungkin tidak perlu saya uraikan, saya akan coba jelaskan kekurangan kedua platform ini.

Untuk kekurangan platform wordpress anda harus menggunakan hosting sendiri. Yang artinya anda harus mengeluarkan biaya untuk sewa hosting dan nama domain. 

Sedangkan untuk platform blogspot kekurangannya nama domain anda terdapat embel-embel blogspot seperti "http://lekemede.blogspot.com" ini. Tidak diperlukan hosting jika anda menggunakan platform ini. Karena hal tersebut sudah difasilitasi oleh google sendiri.

Jika anda mempunyai keinginan menghilangkan nama blogspotnya menjadi seperti "http://www.lekemede.com" maka anda harus membeli nama domain tersebut dan menjadikannya custom domain. 


Nah sekarang terserah anda menilainya platform mana yang anda pilih, Saran saya jika ingin mencobanya sebaiknya anda gunakan platform blogspot terlebih dahulu, jadi anda tak perlu mengeluarkan biaya. Hanya diperlukan persiapan saja seperti yang telah saya sampaikan diatas.

Demikian ulasan persiapan penting apa saja yang harus anda siapkan sebelum membuat atau membangun sebuah blog. Untuk artikel selanjutnya saya akan menjabarkan semua isi dalam artikel ini tahap demi tahap. Ikuti terus update blog ini. Trims saran dan komentarnya     

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon