logo blog

Rabu, 26 Oktober 2016

Mengenal Sejarah Program Aplikasi Microsoft Office

LEKEMEDE | Sejarah program aplikasi yang mempunyai nama Microsoft Office ini adalah sebagai software atau perangkat lunak yang berisi paket aplikasi perkantoran, progam Microsoft Office ini dibuat oleh perusahaan pengembang yang sangat terkenal yaitu Microsoft yang didirikan oleh miliader Bill Gates, program Microsoft Office ini dirancang atau didesain untuk berjalan dibawah sistem operasi Windows dan Mac Os X kini berkembang dengan versi Android.

Program Aplikasi yang terdapat dalam program Microsoft Office  adalah seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Visio, Microsoft Powerpoint, Microsoft Access, Microsoft Outlook, Microsoft Publisher, Microsoft Info Path, dan dari beberapa aplikasi Microsoft Office, yang paling banyak digunakan dan sangat populer adalah Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint sebagai aplikasi pendukung baik di perkantoran maupun sekolah.

Mengenal Sejarah Program Aplikasi Microsoft Office

Bagian Sejarah dari Microsoft Office

Program Microsoft Office untuk Windows dirilis pada bulan Oktober tahun 1990 sebagai kesatuan dari tiga program aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0 Microsoft, Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0. Selanjutnya setelah Microsoft Office populer, pada tahun 1995 Microsoft kembali meluncurkan program aplikasi perkantoran ini dengan versi 1995 bersamaan dengan OS Windows 95.

Pada prangkat lunak sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi komputer pada saat itu dan langsung terkenal. Sejalan dengan perkembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang pesat dan semakin disukai serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Microsoft sendiri kini sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern dan sekolah. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007 dan yang terakhir sampai sekarang masih  digunakan adalah Microsoft Office 2010 dan 2013.

Sejarah Perkembangan Program Microsoft Office 

Semenjak diluncurkan pertama kali, Program Microsoft Office berkembang begitu pesat dan cepat terkenal, dalam proses perkembangannya, para ahli selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas dan menambahkan fitur terbaru, adapun proses perkembangan Microsoft sejak awal dirilis adalah sebagai berikut :

  1. Microsoft Office 3.0, Tahun 1992
  2. Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2 1994
  3. Microsoft Office 95, Tahun 1995 (awal mula menggunakan nama office berdasarkan tahun)
  4. Microsoft Office 97
  5. Microsoft Office 2000
  6. Microsoft Office XP (2002)
  7. Microsoft Office 2003
  8. Microsoft Office 2007
  9. Microsoft Office 2010
  10. Microsoft Office 2013 (Versi 15)

Office 2013 sendiri mampu digunakan di perangkat mobile khususnya android, komputer awan, dan sosial media. Software ini merupakan aplikasi produktivitas terpopuler di dunia dengan pengguna yang paling banyak, pada microsoft Office 2013 sudah bisa dioperasikan dengan layar sentuh, sama halnya dengan sistem OS Microsoft terakhir yaitu Windows 10.

Kegunaan Program Aplikasi Microsoft Office

Adapun kebergunaan dari masing-masing aplikasi yang umum digunakan adalah sebagai berikut :

1) Aplikasi Microsoft Word

Program Aplikasi Microsoft Word termasuk aplikasi yang sering banyak digunakan, aplikasi ini berfungsi untuk mengolah kata, contoh file dokumen yang bisa anda buat dengan Microsoft Word yaitu seperti surat menyurat, laporan, makalah, artikel, tabel, skripsi, perjanjian dan lain sebagainya.

2) Aplikasi Microsoft Excel

Untuk Aplikasi Microsoft Excel adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengolah angka atau data yang disajikan dalam bentuk tabel maupun grafik, aplikasi ini menyediakan fitur berbasis rumus yang dapat melakukan perhitungan secara otomatis, kebanyak aplikasi ini digunakan oleh akuntan dalam membuat laporan administrasi keuangan maupun grafik.

3. Aplikasi Microsoft Powerpoint

Microsoft Powerpoint adalah aplikasi yang kegunaannya untuk membuat slide presentasi, dimana slide presentasi tersebut dapat ditampilkan melalui layar tv maupun seperti infokus serta dapat melakukan print dalam bentuk hangout, aplikasi ini juga menyediakan fitur animasi yang dapat membuat presentasi anda agar menjadi lebih menarik dan bagus.

4. Aplikasi Microsoft Access

Microsoft Access adalah aplikasi yang ditujukan untuk kalangan industri rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah yang berbasis data komputer rasional yang berfungsi untuk membuat seperti memo, laporan, surat, merancang fax, brosur, dan data tabel.

5. Aplikasi Microsoft Outlook

Microsoft Outlook adalah aplikasi yang kegunaannya untuk membaca dan mengirim surat elektronik, dan menyediakan akses kalender, kotak surat, catatan, dan jadwal bersama. Anda harus mempunyai email terlebih dahulu untuk menggunakannya 
Demikian tentang kesimpulan atau penjelasan tentang mengenal sejarah program aplikasi microsoft office yang telah banyak digunakan oleh perkantoran maupun sekolah. Kelima aplikasi tersebut adalah yang paling wajib anda pelajari jika anda seorang pekerja kantoran.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon