logo blog

Kamis, 13 Oktober 2016

Tips Cara Meningkatkan Kualitas Belajar

Sebagai penerus bangsa, tentunya anda sebagai generasi muda diwajibkan belajar baik oleh guru disekolah maupun orang tua dirumah, yang mana suatu saat nanti anda akan menghadapi kehidupan yang sebenarnya dengan penuh tantangan. Meningkatkan kualitas dalam belajar akan memperbaiki nilai-nilai atau peringkat untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Belajar adalah salah satu cara kunci sukses untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun apakah tahapan dalam cara anda belajar sudah efektif ? Jika belum anda silahkan ikuti beberapa tips dibawah ini :

Tips Meningkatkan Belajar Agar Menjadi Efektif, Efisien dan Berkualitas

Tips Meningkatkan Belajar Menjadi Efektif, Efisien dan Berkualitas

Banyak cara agar proses belajar kita lebih menjadi efektif. Terkadang seorang siswa mencari cara bagaimana cara belajar yang efisien saja dan hasilnya pun jelas tidak akan efektif. Berikut kesimpulannya :

Awali Dengan Do'a


Sebagai umat beragama tentunya semua usaha selalu di awali dengan do'a bukan ? Dengan do'a akan membuat jiwa lebih kuat, niat ingin belajar akan menjadi keberkahan baik di dunia maupun akhirat. Aamiin 

Maksud dan Tujuan Belajar

Mempunyai maksud dan tujuan yang kuat untuk belajar akan membuat cita-cita anda akan terwujud. Karena tujuan dari belajar adalah menggapai cita-cita.

Mempunyai Motivasi

Memiliki motivasi dalam hidup itu penting, jika anda mempunyai motivasi maka target yang anda bidik akan tercapai, misalnya saja anda belajar karena untuk memperbaiki hasil yang lebih baik dari hasil sebelumnya.

Membuat Manajemen Waktu

Mempunyai waktu belajar yang terjadwal secara tidak langsung hal tersebut sudah menata kehidupan anda sendiri. Mempunyai rutinitas yang padat akan menyebabkan belajar anda tidak efektif. Oleh sebab itu membuat manajemen waktu sangat penting agar rutinitas belajar anda terjadwal. 
Dengan memiliki waktu yang terjadwal anda akan tahu kapan harus beristirahat ketika anda belajar. Membuat pikiran dan otak kita menjadi segar kembali akan membuat kualitas belajar kita lebih baik. Anda bisa berhenti sebentar untuk melakukan Yoga atau sekedar jalan santai.

Suasana Lingkungan

Suasana akan mempengaruhi bagaimana cara otak anda merespon, suasana yang berisik tentunya akan menjadi otak kita tidak efektif dalam merespon apa yang sedang pelajari. Kebersihan dan Ketenangan dalam lingkungan belajar akan meningkatkan daya ingat pada otak lebih baik.
Jika kamar anda sekaligus tempat anda belajar, buatlah senyaman mungkin, anda bisa membuat ruangan kamar anda yang penuh inspirasi seperti memajang foto tokoh pendidikan yang menginspirasi anda dalam belajar. 
Hindari belajar sambil menonton TV atau mendengarkan Musik. Hal tersebut akan membuat konsentrasi anda menjadi terpecah.  

Belajar Kelompok (Bersama)

Belajar secara berkelompok sejak jaman dahulu adalah sebagai bagian pembelajaran yang baik. Hal ini tentunya anda harus mempunyai teman yang benar-benar ingin belajar.
Namun jika anda mempunyai teman kelompok yang malas belajar, hal itu akan mempengaruhi kepada anda juga. Ada baiknya dalam belajar berkelompok mengkesampingkan materi lain selain materi belajar.
Meningkatkan cara belajar yang memiliki kualitas, untuk seorang pelajar ada baiknya untuk dibuat se efektif mungkin dan lebih efisien. Cara belajar  yang tidak memiliki mutu sama halnya dengan membuang energi dan waktu. Selamat Belajar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon