logo blog

Rabu, 02 November 2016

Cara Mengatur Ukuran Kertas Page Layout

Lekemede | Belajar Microsoft Office Word kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatur ukuran kertas. Mengatur terlebih dahulu ukuran kertas bertujuan untuk supaya kalian tidak melakukan editing kembali pada lembar pekerjaan anda. Contohnya jika ukuran kertas default biasanya menggunakan ukuran Letter (quarto).

Ketika anda sudah menyelesaikan lembar kerja kemudian anda diharuskan menggunakan ukuran kertas A4 maka tentu saja format tulisan yang sudah tertata rapi akan berubah dan saat dilakukan print tidak sesuai dengan lembar kerja yang sudah anda buat.
Cara Mengatur atau Ukuran Kertas Page Layout

Untuk mengatasi hal ini kalian harus mengatur ukuran kertas (page layout) pada microsoft office word, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Pada Bar Menu microsoft office word, pilih atau klik page layout dan akan terdapat perintah pengaturan lainya seperti gambar
Cara Mengatur Ukuran Kertas Page Layout


  • Orientation adalah untuk mengatur posisi kertas apakah akan menggunakan landscape (memanjang) atau portrait (tegak lurus)
  • Size (ukuran) adalah jenis ukuran yang akan anda gunakan. Jika ingin merubah ukuran anda bisa memilih menu Margins
  • Margins adalah untuk mengatur jarak dan ukuran kertas secara custom (pilihan) misalnya (lihat gambar bawah) kanan,kiri,atas dan bawah kalian diharuskan seperti jika dalam penulisan skripsi untuk sebelah kiri 3 cm, atas 2.5 cm, kanan 2 cm dan bawah 2 cm. Untuk membuat hal itu anda klik menu margins dan pilih pengaturan custom, jika anda bingung karena jenis pengaturannya masih inchi anda bisa membaca artikel sebelumnya cara merubah inchi ke centimeter

Cara Mengatur Ukuran Kertas Page Layout

  • Paper adalah jenis ukuran kertas yang akan kalian gunakan seperti letter, A4 dan Legal. Jika kalian memilih legal (folio) anda rubah menjadi 33.02 cm (13")
  • Layout adalah untuk mengatur footer dan header (akan dijelaskan pada artikel selanjutnya) dimana penempatan footer bawah dan atas dari ujung kertas sampai footer yang anda buat. 
  • Sesudah semua kalian atur klik oke dan silahkan anda menulis pada lembar kerja anda. Ingat dalam melakukan print out dokumen pilih pengaturan kertas pada pengaturan printer. Karena pengaturan pencetakan dalam printer adalah letter (quarto)

Nah itulah ulasan bagaimana mengatur ukuran kertas pada microsoft office. Semoga menambah wawasan kalian selamat mencoba, jangan lupa share yah ! Terima kasih

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon