logo blog

Minggu, 06 November 2016

Cara Menulis Symbol dan Rumus Matematika Pada Ms Word

Lekemede | Bahasan kali ini kita akan membahas fungsi insert symbol dan bagaimana cara membuat/menulis symbol serta cara menulis/memasukkan rumus matematika pada microsoft word. Symbol banyak digunakan untuk membuat rumus namun kini untuk membuat rumus matematika anda tidak perlu lagi mengerjakannya secara manual.

Tools Symbol yang terdapat pada microsoft word merupakan kumpulan huruf, angka, tanda dan bentuk satuan yang tidak terdapat pada tombol keyboard. Seperti lain halnya dengan simbol alfa, beta, satuan mata uang selain dollar dan simbol lainnya.

Cara Menulis Symbol dan Rumus Matematika Pada Ms Word
Cara Menulis Symbol dan Rumus Matematika

Cara Menulis Symbol

Terkadang mungkin kalian merasa bingung bagaimana menuliskan sebuah simbol karena kalian belum mengetahui cara memasukkan simbol. Tahukah kalian bahwa macam-macam symbol yang kalian cari sudah disediakan secara otomatis didalam microsoft office word, akan tetapi kalian belum mengetahui dimana letak tools symbol tersebut. Berikut panduannya :

Cara Menulis Symbol dan Rumus Matematika Pada Ms Word
cara membuat symbol

  • Pertama buka lembar kerja atau tugas word anda yang akan menggunakan symbol
  • Cari (lihat gambar) menu insert pada menubar
  • Kemudian cari menu yang bertuliskan symbol lalu klik tanda symbol
  • Lalu akan muncul jendela symbol, kemudian kalian pilih symbol yang diinginkan. 
  • Jika kalian ingin menemukan simbol lainnya, klik more symbol (lihat gambar bawah) untuk mencari macam-macam pilihan simbol lainnya  .
  • Gunakan jenis font/huruf lainnya untuk menemukan symbol yang tepat sesuai gambar

Cara Menulis Symbol dan Rumus Matematika Pada Ms Word
cara insert symbol


Cara Memasukkan Rumus Matematika

Biasanya pada rumus matematika terdapat unsur kuadrat, sigma, sin cos tan dan lainnya. Terkadang kita merasa sangat bingung bagaimana cara menuliskannya pada lembar kerja microsoft word, dahulu kadang dibantu dengan manual saja ditulis sama pensil, karena umumnya pada ms word hanya digunakan untuk menulis sebuah artikel maupun skripsi atau bisa diartikan sebagai pengolah kata saja.

Microsoft equation adalah tools yang disandingkan dengan tools symbol yang ada dalam microsoft office word yang fungsinya untuk membantu kalian dalam menuliskan rumus matematika. Dengan tools equation kalian dapat menuliskan rumus matematika yang sangat rumit menjadi lebih mudah. Berikut tutorialnya :

Cara Menulis Symbol dan Rumus Matematika Pada Ms Word
cara membuat rumus matematika

  • Pertama buka lembar kerja matematika kalian atau yang baru
  • Kemudian pilih menu insert lalu cari diatas lambang Symbol terdapat tulisan Equation 
  • Masukkan rumus matematika yang cocok dengan tugas kalian
  • Setelah memilih salah satu bentuk rumus akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah yang terdapat pilihan atau tools lainnya untuk membantu anda membuat rumus sesuai dengan tugas dan jawaban kalian.

Cara Menulis Symbol dan Rumus Matematika Pada Ms Word
cara memasukkan symbol
Nah itulah bahasan belajar ms word kali ini tentang bagaimana cara menulis symbol dan rumus matematika pada microsoft office yang bisa kalian pelajari secara mudah dan menjadi terampil dalam membuat symbol maupun rumus lainnya. Share yah teman-teman

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon