logo blog

Jumat, 30 Desember 2016

Cara Tercepat Membedakan Telur Mentah dan Matang

Ada Cara Tercepat untuk Membedakan Telur Mentah dan Matang. Hal ini perlu diketahui bahwa ketika telur dilihat secara kasat mata tentu saja tidak jauh berbeda mana yang telur yang sudah matang dan mana telur yang masih mentah. Keduanya tidak memiliki perbedaan sama sekali alias telur matang dan mentah sama saja bentuknya.

Untuk melakukan uji materi bagaimana menentukan kedua telur tersebut anda cukup memutarnya ibarat sebuah gasing. Telur yang sudah melalui proses perebusan agar menjadi matang tentunya akan menjadi lebih padat dan sangat mudah untuk diputar. Sedangkan untuk telur yang masih mentah tentu sebaliknya, telur akan sulit berputar dengan seimbang karena pada bagian dalamnya masih berbentuk zat cair.

Cara Tercepat Membedakan Telur Mentah dan Matang
Bagaimana membedakan telur mentah dan matang serta beberapa fakta atau mitos


Fakta Menarik Tentang Telur

Sebagai sumber kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh, telur banyak di sukai lebih banyak orang karena selain sumber protein untuk asupan gizi pada tubuh juga memiliki nilai yang ekonomis alias murah dan terjangkau.

Lalu apa sajakah fakta menarik tentang si telur ini ? Mitos apa saja yang sering berkembang di masyarakat mengenai telur ? Mari kita jabarkan secara ilmiah agar menjadi lebih jelas dan bisa menambah pengetahuan anda tentang telur.

Apakah Betul Telur Setengah Matang Lebih Berkhasiat ?

Banyak yang mengatakan atau berpendapat bahwa telur yang masih mentah atau yang dalam keadaan setengah matang bisa meningkatkan stamina dalam tubuh dan menjadi lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi telur yang sudah dalam keadaan matang.

Menurut penelitian hal tersebut diatas sepenuhnya hanya mitos dan jauh dari kebenaran. Mengapa ? Karena telur yang dalam keadaan mentah atau pun yang setengah matang ikatan proteinnya masih begitu kuat yang menjadikan tubuh sulit memecahnya menjadi asam amino, sehingga proses pencernaan ketika dalam tubuh akan berjalan lambat.

Karena pada dasarnya jika seseorang mengkonsumsi telur mentah maupun setengah matang akan selalu merasa kenyang lebih lama, itu sebabnya muncul mitos bahwa dengan memakan telur mentah akan menyebabkan seseorang yang mengkomsumsinya merasa lebih bertenaga dalam melakukan berbagai aktivitas.

Mengapa Telur Jenis Omega 3 Bisa Membuat Pintar ?

Apakah benar jika makan banyak telur akan menjadi lebih cerdas dan pintar apalagi yang mempunyai label Omega 3 ! hal tersebut memang bisa dikatakan ada benarnya. Menurut penelitian bahwa dalam telur terdapat kandungan omega apalagi omega 3 yang dihasilkan oleh ayam petelur yang diberi makanan khusus sehingga menghasilkan kandungan omega 3.

Asam lemak yang terdapat dalam omega 3 memang sangat membantu dalam meningkatkan sumber daya pada otak agar menjadi lebih cerdas. Sehingga telur jenis omega 3 sangat baik digunakan atau dikonsumsi khususnya oleh balita. Telur omega 3 memiliki kandungan kadar kolesterol yang rendah karena didalamnya terdapat lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu telur omega 3 dapat memperkuat otot-otot pada jantung.

Ketika dalam tubuh mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, maka akan menimbulkan dan mempunyai potensi terjadinya penyumbatan yang dapat memicu terjadinya serangan jantung ataupun mengalami stroke.

Namun yang perlu anda ketahui juga bahwa faktor kecerdasan seorang anak bukan ditentukan oleh telur dan nutrisi yang kaya akan vitamin, namun faktor genetik dan stimulasi yang diberikan oleh lingkungannya juga mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan otak.

Kuning Telur Lebih Baik Dari Putih Telur

Pada 1 buah telur memiliki kandungan gizi jenis protein, kolesterol, lemak dan vitamin A, namun semua kandungan gizi tersebut hanya dimiliki oleh kuning telur dan tidak semua dimiliki oleh putih telur.

Ketika putih telur dalam keadaan mentah menurut penelitian bisa menghambat proses penyerapan vitamin A. Namun jika putih telur ingin dikonsumsi sebaiknya dalam keadaan matang. Putih telur yang dipisahkan dari kuning telur pun masih bisa diolah untuk membuat kue yang lezat bukan ?

Apakah Makan Telur Bisa Cepat Pikun

Penyakit pikun bukan berasal dari telur ! Kepikunan terjadi karena sel pada otak mengalami kelaparan glukosa atau oksigen. Glukosa sendiri dihasilkan dari sumber makanan berkabohidrat seperti nasi dan roti. Sedangkan telur mengandung protein yang tidak menghasilkan glukosa. Faktor kekurangan oksigen pada otak akan menghambat yang mengalami kepikunan sulit mencerna informasi,

Betulkah Telur Asupan Terbaik Setelah Susu ?

Sebagai gambaran pada umumnya makanan mengandung protein tinggi dan rendah akan terdapat kadar airnya.  Jika Anda mengkomsumsi susu sebanyak 100 cc dan Telur 100 gram, maka nilai gizinya lebih baik telur dibandingkan dengan susu. Hal tersebut dikarenakan susu lebih banyak mengandung kadar air dibandingkan telur.

Jika protein yang terkandung dalam susu sebanyak 3% sedangkan telur mempunyai kandungan 12%. Maka telur merupakan asupan yang terbaik dibandingkan susu. Ditambah lagi jika anda membeli susu ukuran 100 cc harga nya akan lebih mahal dibandingkan dengan 100 gram telur.

Telur Ayam Kampung vs Telur Ayam Negeri 

Telur yang berasal dari ayam kampung memang mengandung asam amino yang jauh lebih baik dan tinggi dibandingkan telur ayam negeri. Hal tersebut dapat menyebabkan semua kandungan gizi pada telur ayam kampung bisa diserap tubuh dengan baik.

Lain daripada itu kandungan gizi yang terdapat pada ayam negeri terdapat pula pada telur ayam kampung dan tidak ada perbedaan yang mencolok sama sekali.

Dilarang Makan Telur Setiap Hari !

Banyak mitos yang mengatakan jangan terlalu banyak makan telur, jika kebanyakan bisa menyebabkan kolesterol menimbulkan penyakit. Terkadang ada yang mengatakan bisa bisulan karena mungkin terinpirasi dari bentuk telur tersebut.

Seperti kita ketahui bahwa menjaga pola makan itu sangat sulit. Selain makan daging yang belum tentu makan setiap hari terkadang hanya pada lebaran idul adha juga malasnya minum susu karena sebagian tidak suka dengan rasa eneg nya di tengorokan. Jika sampai asupan telur ini dijauhi juga maka kemungkinan akan menjadi masalah serius karena kekurangan gizi. Pola makan anak indonesia sangat jauh berbeda dengan negara maju.

Yang harus diperhatikan bahwa masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan. Supaya perkembangannya optimal dibutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti telur ayam ini.
Pengetahuan lainnya : Dampak Memakan Daging Gosong
Demikian ulasan tentang bagaimana membedakan telur mentah dan matang serta beberapa fakta atau mitos untuk yang namanya telur ini.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon