logo blog

Senin, 26 Desember 2016

Cara Mencetak Dokumen Dari Microsoft Word Lengkap

Untuk mencetak atau print dokumen yang dibuat dengan menggunakan microsoft word atau office bisa dibilang sangat mudah bagi yang biasa menggunakan printer untuk urusan mencetak dokumen. Namun bagi pemula yang baru belajar mungkin agak sedikit mengalami kesukaran. Sudah melakukan perintah print namun dokumen yang akan dicetak tidak keluar sama sekali. Tentunya ada hal-hal yang mendasar yang perlu kalian pelajari bagaimana cara print dokumen atau foto.

Mesin pencetak dokumen biasa disebut printer yang memiliki fungsi layaknya mesin foto copy. Namun yang membedakan dengan printer adalah bahwa jenis file dokumen yang kalian cetak adalah asli sedangkan pada mesin foto copy berbentuk duplikat.

Cara Mencetak Dokumen atau print Dari Microsoft Word Lengkap

Penyebab Dokumen Tidak Bisa Dicetak

Terdapat beberapa penyebab mengapa dokumen yang anda cetak melalui komputer yang dihubungkan dengan mesin printer tidak bisa mencetak atau keluar hasil cetakannya. Diantaranya adalah :
  • Belum terinstalnya driver printer pada sistem komputer. Untuk memastikan hal tersebut anda bisa membuka control panel kemudian menu device printer maka akan terdapat jenis printer yang sudah terinstal pada komputer anda. Jika tidak terdapat jenis printer maka anda perlu driver agar printer kalian terdeteksi. Cari driver pada website sesuai merek/jenis printer kemudian download dan lakukan peninstalan.
  • Bisa juga disebabkan karena tinta printer habis dan anda tidak mengetahuinya, atau tidak keluar peringatan bahwa tinta printer habis. Pastikan tinta printer anda penuh supaya bisa mencetak dokumen.
  • Kesalahan dalam menentukan halaman yang akan diprint juga bisa menyebabkan printer hanya diam dan tidak melakukan apa-apa. Misalnya halaman tersebut mempunyai hanya 5 lembar, namun anda menulis perintah pada print dengan halaman nomer 6.
  • Lupa memasang kabel dari printer yang terhubung dengan printer seperti kabel USB atau serial.
  • Kesalahan yang paling kecil karena anda lupa menghidupkan komputer.  

Cara Print Dokumen

Untuk print atau mencetak dokumen dengan menggunakan microsoft office baik word maupun excel pada dasarnya sama. Sebelum mencetak dokumen ada baiknya ada periksa dokumen yang akan di cetak seperti ukuran kertas dan isi dokumen itu sendiri. Berikut langkah-langkah cara mencetak dokumen :
Cara Mencetak Dokumen Dari Microsoft Word Lengkap

Setelah anda mempersiapkan lembar kerja yang akan dicetak maka selanjutnya adalah buka microsoft word yang disusul kemudian dengan :
  1. Klik pada icon microsof office (lihat gambar diatas) Selain cara seperti gambar diatas anda bisa lakukan lebih cepat dengan menggunakan tombol pada keyboard CTRL dan P
  2. Selanjutnya pilih Print
  3. Kemudian pilih lagi Print
  4. Pilih jenis printer yang terinstal pada komputer (lihat gambar dibawah).
  5. All artinya untuk mencetak semua dokumen. Current Page adalah lembar kerja yang sedang ditampilkan sedangkan Pages untuk mencetak halaman tertentu yang akan anda cetak.
  6. Number of copies adalah berapa lembar yang akan anda cetak setiap halamannya. kemudian OK 
Cara Mencetak atau print Dokumen Dari Microsoft Word Lengkap

Lalu bagaimana cara mencetak dokumen sesuai dengan ukuran kertas pada lembar kerja. Berikut ulasannya :
Cara Mencetak Dokumen dan menentukan ukuran kertas

  • Pada gambar sebelumnya yang mempunyai keterangan no 4 untuk menentukan jenis printer terdapat menu Propertis jika akan menentukan ukuran kertas.
  • Maka akan tampil seperti gambar diatas.
  • Grayscale Printing adalah untuk menghasilkan cetakan hitam ke abuan, misalnya terdapat gambar pada dokumen yang memiliki warna namun anda ingin mencetaknya menjadi hitam putih.
  • Plain Paper adalah untuk menentukan jenis kertas jika anda akan mencetaknya melalui kertas foto.
  • Print Quality adalah untuk menentukan hasil cetakan. Jika anda pilih standar itu adalah setelan defaultnya, sedangkan jika high kualitas lebih jauh dan hanya digunakan untuk teks berwarna atau foto saja.
  • Printer Paper Size adalah untuk menentukan ukuran kertas sesuai dengan lembar kerja. Kemudian Ok
Artikel Terkait : Cara Mengatur Ukuran Kertas / Page Layout
Untuk lebih memahami menu-menu diatas cobalah kalian belajar mempraktekannya. Mudah-mudahan ulasan cara mencetak dokumen dari microsoft word bisa secara lengkap bisa menambah wawasan kalian. Selamat Belajar dan Share jika ini bermanfaat.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon