logo blog

Minggu, 04 Desember 2016

Cara Mengatasi Kegagalan Ketika Interview Kerja

Untuk bagaimana cara mengatasi kegagalan ketika saat dilakukan interview agar diterima kerja, anda harus mempelajari penyebab tidak suksesnya wawancara tersebut yang sudah diuraikan pada artikel sebelumnya. Setelah anda mempelajari sebab gagalnya anda saat interview kemudian anda lakukan intropeksi pada pokok permasalahan baik dari diri pribadi maupun kesalahan karena kelalaian anda.

Untuk mengatasi semua sebab kesalahan dibutuhkan beberapa petunjuk dan cara bagaimana mengatasi semua penyebab tersebut agar tidak bisa terulang kembali pada tahap interview selanjutnya.

Cara Mengatasi Kegagalan Ketika Interview Kerja
Ulasan bagaimana cara mengatasi kegagalan ketika interview kerja


Cara Mengatasi Kegagalan Ketika Interview

Berikut bagaimana cara mengatasi penyebab gagalnya tes saat dilakukan interview sebagai jawaban dari artikel sebelumnya :

Datang Tepat Waktu

Alasan keterlambatan bukanlah alasan yang masuk diakal, banyak cara untuk mengatasi keterlambatan tersebut agar anda datang tepat waktu bahkan sebelum waktunya anda sudah siap dilakukan interview. Misalnya jika alasannya hujan dan macet, hal tersebut bisa diatasi jika anda mempersiapkan dengan matang seperti membawa payung jika keadaannya memang akan turun hujan. Menggunakan kendaraan bermotor supaya terhindar dari kemacetan.

Berangkat lebih pagi jika menggunakan kendaraan umum untuk menghindari kemacetan. Jadi mengapa alasan macet tidak diterima ? karena hal tersebut bisa diatasi jika memang anda mempunyai niat dan keinginan.

Membuat Lamaran Yang Bagus

Untuk membuat lamaran yang tidak membuat sakit mata tim penguji, anda harus membuatnya secara komputerisasi. Terdapat banyak model contoh lamaran yang beredar yang bisa anda gunakan. Menulis berkas lamaran dengan menggunakan tulisan tangan akan membuat image anda sebagai orang yang tidak mempunyai nilai kreatifitas. Karena perusahaan membutuhkan orang yang kreatif.

Menggunakan Pakaian Formal

Perusahaan bukanlah tempat untuk resepsi pernikahan, jadi sesuaikan pakaian anda antara pergi ke tempat hiburan atau resepsi dengan ketika anda akan dilakukan interview. Gunakan pakaian yang pantas dan tidak mencolok mata (khususnya wanita). Penilaian kinerja akan ditentukan bagaiman anda cara berpakaian, berpakaian yang rapi akan memberikan penilaian bahwa anda seseorang yang mencintai kebersihan dan kerapihan. Hal tersebut akan berdampak pada tata cara kerja anda yang selalu rapih.

Mempunyai Bahasa Tubuh Yang Baik

Usahakan untuk bersikap tegak dan rileks untuk menghadapi segala pertanyaan. Hindari kebiasaan anda yang muncul sehari-hari seperti menggaruk kepala, kuping dan menguap. Matikan ponsel atau jadikan nada hening agar tidak mengganggu proses interview.

Memiliki Tutur Kata Yang Sopan

Kesopanan dalam bertutur kata adalah hal yang mendasar untuk sebuah perusahaan. Jika anda bertutur kata dengan sopan dan menggunakan tata bahasa yang baik akan menjadi nilai plus untuk anda. Lakukan pembelajaran cara bicara yang baik sebelum dilakukan interview. Biasa kebiasaan berbicara yang tidak baik akan muncul secara tiba-tiba saat anda dalam tekanan.

Memberikan Nilai Plus Untuk Perusahaan Sebelumnya

Berikan nilai plus untuk perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Jangan sampai memperburuk keadaan, karena tim penguji paling tidak menyukai hal ini. Tim penguji akan menjebak anda, namun anda harus menghindari hal tersebut agar tidak mengarah pada hal-hal keburukan. Persiapkan alasan logis untuk hal ini. Anda bisa baca pada artikel Bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan Selama Interview berlangsung.

Hindari Membahas Masalah Pribadi

Jangan pernah terjebak oleh pertanyaan yang sifatnya pribadi, jawablah dengan seadanya. Semakin anda terbawa arus untuk menceritakan masalah pribadi maka anda akan dicap sebagai seseorang yang pandai bergosip senang mengobrol. Tentunya hal ini akan berdampak negatif pada menurunnya penilaian terhadap personal pribadi anda.

Baca juga :
Penyebab Kegagalan Saat Interview Kerja
Itulah ulasan bagaimana cara mengatasi kegagalan ketika interview kerja. Selain hal tersebut yang diuraikan tadi, Doa adalah diatas segalanya, berdoalah saat anda akan mengerjakan sesuatu yang positif. Insya Allah semua berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Jika masih menemui kegagalan bukan berarti anda gagal, tapi hal tersebut untuk menuju yang lebih baik. Share Yah Sob jika ini Ber Manfaat.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon