logo blog

Sabtu, 03 Desember 2016

Cara Menjawab Pertanyaan Saat Interview Kerja

Pertama kali menerima panggilan kerja ? Apa yang harus anda lakukan ? Hal yang pasti anda hadapi adalah menjawab pertanyaan dari tim seleksi saat dilakukan interview. Pastinya ada rasa grogi atau nervous bukan  ! Ada beberapa perusahaan yang memberikan pertanyaan yang sukar dan mudah untuk menjawabnya. Pertanyaan yang mudah dijawab biasanya hanya formalitas dan basa-basi saja karena jabatan yang akan anda dapat sebatas karyawan biasa saja. Namun ada juga perusahaan walaupun kita karyawan sekelas office boy diberikan pertanyaan yang rumit, hal ini disebabkan perusahaan tersebut ingin mempunyai sumber daya manusia yang diatas rata-rata.

Jadi walaupun melamar pekerjaan sebagai karyawan biasa mau tidak mau harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk menjawab semua pertanyaan ketika di interview dari tim penyeleksi yang biasanya dipimpin oleh personalia perusahaan. Apa sih manfaat dari interview ? berikut sekilas ulasannya :
Cara Menjawab Pertanyaan Saat Interview Kerja
Bagaimana menjawab pertanyaan yang sering muncul saat dilakukan interview agar anda dapat diterima kerja sebagai karyawan

Manfaat Interview Dalam Pekerjaan

Melakukan interview pada setiap calon karyawan pada suatu perusahaan adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan oleh perusahaan sebagai penerima calon pekerja. Tentunya tim penguji dari perusahaan akan ditunjuk untuk hal tersebut. Biasanya untuk bagian personalia yang akan memegang kendali atau bagian Human Resources Development atau disebut Sumber Daya Manusia yang mempunyai tugas untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.

Pentingnya HRD dalam tubuh perusahaan adalah salah satu cara untuk mengembangkan perusahaan melalui karyawan-karyawannya yang memiliki kemampuan yang baik. Seorang HRD harus menguasai secara penuh bagaimana menggali keahlian seorang calon pelamar yang nantinya apakah anda layak diterima atau tidak.

Saat dilakukan intreview terkadang pertanyaan yang diajukan suka menjebak dan tidak sesuai apa yang kita pelajari. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang sering saya ajukan ketika saya menjadi salah satu tim dari bagian HRD :

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Saat Interview

Dalam tes wawancara atau interview dalam sebuah perusahaan terdiri dari dua tahap yang kami terapkan yaitu menyeleksi surat lamaran yang anda kirim dan mempersiapkan tahap lainnya secara lisan maupun tulisan (psikotes) yang disebut interview.
  • Hal pertama yang dilakukan adalah pastinya tentang identitas anda, yang kemudian akan dicocokan dengan data pada surat lamaran yang anda kirim. Jika anda bisa menjawab dengan lancar tentang identitas anda maka anda sudah lulus untuk tahap ini.
  • Tahap selanjutnya akan ditanya tentang masalah kesibukan anda sehari-hari. Untuk menjawab hal ini tentunya anda harus menjawab yang berhubungan dengan interview saat ini. Misalnya anda sedang melakukan beberapa pengajuan lamaran kepada beberapa perusahan karena memang posisi anda sedang mencari pekerjaan. Kemudian keseharian lainnya anda tambahkan yang berhubungan dengan bidang pekerjaan inginkan pada perusahaan tersebut. Misalnya anda sering membantu ibu menjahit, karena pada lamaran anda memilih sebagai bagian penjahit. Tentu saja keterangan tersebut akan lebih menjadi relevan menurutnya. 
  • Jika penguji mengajukan masalah tempat tinggal dikarenakan pada sebelumnya penguji melihat data pada identitas anda jauh dengan lokasi perusahaan atau dari luar kota. Untuk menjawab hal tersebut anda bisa mengatakan bahwa anda tinggal bersama saudara yang lokasi rumahnya tidak jauh dari letak perusahaan.
  • Pertanyaan akan dilanjutkan dengan pengetahuan anda tentang perusahaan kami. Bagian ini bisa disebut penting karena hal ini menyangkut perusahaan. Berikan info sedetail mungkin tentang profil perusahaan tersebut. Tentunya untuk menjawab pertanyaan ini hal mudah jika anda sudah mempersiapkannya sedini mungkin. Setiap perusahaan selalu mempunyai situs web, carilah disana dan anda gali kemudian sampaikan pada tim seleksi, Dan jangan lupa kata terakhir anda sampaikan bahwa karena profil perusahaan tersebut lebih banyak kelebihannya anda berminat dan ingin bergabung menjadi bagian dari perusahaan.
  • Jika tim penyeleksi menanyakan pada bagian mana anda ingin ditempatkan, maka jawaban yang bisa anda sampaikan adalah bagian yang menurut anda bisa menekuni bidang tersebut atau sudah berpengalaman dibidangnya. Jika belum mempunyai pengalaman kerja sebaiknya anda sampaikan bahwa anda sering membantu seseorang untuk bidang tersebut.   
  • Jika mengajukan pertanyaan tentang prosentase keahlian anda tentang bidang tersebut dari 10% sampai dengan 100% berapa tingkat kemampuan anda ? anda bisa jawab pada angka 70% - 80%.
  • Jika pertanyaan yang diajukan masalah target anda jika diterima menjadi karyawan, tentunya anda harus menjawab sesuai bidang yang anda isi. Misalnya jika anda bekerja pada bidang yang harus mencapai target :
"Saya akan berusaha mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan bahkan berusaha melebihi target"
"Membuat ide-ide baru untuk meningkatkan penjualan"
"Saya akan berusaha mencari celah dan kekurangan dalam perusahaan serta akan menutup segala kekurangannya dan bekerjasama dengan tim senior"
Catatan : Jika perusahaan menyebut target sebaiknya anda jawab bisa mencapai target tersebut. Masalah nanti tidak tercapai atau tidaknya tergantung kerja keras anda.


  • Kemudian jika diajukan pertanyaan mengapa anda keluar dari perusahaan sebelumnya, jawablah dengan hal-hal yang positif, jika berbau negatif maka penilaian anda dalam tahap interview pun akan berdampak kesan yang negatif terhadap anda. Contoh :
Bahwa perusahaan telah tutup atau pindah ke lokasi yang jauh tempat anda tinggal.
Bahwa keluarga anda harus berpindah domisili karena orang tua dipindah tugaskan.
  • Jika hal yang ditanyakan tentang obsesi maka  jawabannya harus lugas bahwa anda ingin menekuni bidang tersebut untuk meningkatkan karir saya serta memenuhi kebutuhan hidup keluarga.
  • Jika ditanyakan tentang diri pribadi yang menyangkut kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri anda. Misalnya karena anda bisa dikategorikan orang yang jujur dan bertanggungjawab, selalu mengikuti aturan, senang mendapat hal-hal yang baru. Jika masalah kekurangan bahwa anda sering lupa waktu jika dalam mengerjakan sesuatu belum mencapai target. 
  • Nah ini mungkin yang paling nyeleneh pertanyaannya berapa gaji yang anda inginkan ? Berikanlah jawaban yang normatif saja seperti misalnya bahwa anda akan mengikuti kebijakan dari perusahaan atau sesuai UMR yang berlaku, jika anda yang telah berpengalaman bisa menyampaikan bahwa karena saya berpengalaman sudi kiranya memberikan gaji diatas gaji sebelumnya. Jika ngotot untuk menyebutkan angka jangan sampai anda jawab, ngeles aja sama jawaban "sesuaikan saja dengan yang disebut tadi karena jika perusahaan menilai hasil kerja saya bagus tentunya perusahaan pun akan memberikan kenaikan" 
  • Kemudian berapa lama anda ingin bekerja pada perusahaan kami ? Tunjukan loyalitas anda pada perusahaan dengan menjawab selama perusahaan membutuhkan keahlian saya, saya akan dedikasikan hidup saya untuk perusahaan jika diterima menjadi karyawan nantinya.
Baca juga : Jenis Pertanyaan lainnya yang sering muncul saat interview

Demikian ulasan tentang bagaimana menjawab pertanyaan yang sering muncul saat dilakukan interview agar anda dapat diterima kerja sebagai karyawan. Fokus pada tujuan anda ketika anda ingin melamar kerja. Jika ini bermanfaat menurut anda silahkan share agar lebih bermanfaat buat anda dan teman anda yang membutuhkannya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon