logo blog

Minggu, 04 Desember 2016

Beranikah Anda Mengajukan Pertanyaan Ketika Interview ?

Ada saatnya tim penyeleksi akan memberikan waktu kepada anda untuk mengajukan pertanyaan ketika interview sedang berjalan atau diakhir sesi tanya jawab. Kesempatan ini harus anda maksimalkan dengan sebaik-baiknya agar menambah nilai positif dan sebagai bahan penilaian bahwa anda memang mempunyai kemampuan untuk melakukan pada bidang pekerjaan yang akan anda dapatkan ketika diterima sebagai pegawai.

Sesi ini dilakukan agar terdapat kecocokan dalam visi dan misi serta etos kerja anda dengan perusahaan. Jika ingin karir anda lebih bersinar cobalah membuat pertanyaan mendasar yang telah anda buat atau hapalan sebelum dilakukan interview.

Beranikah Anda Mengajukan Pertanyaan Ketika Interview


Pada artikel sebelumnya penulis pernah menyampaikan bahwa sebisa mungkin anda harus menggali perusahaan tersebut lebih dalam. Hal ini berguna untuk memberikan pertanyaan kepada tim penguji tentang seputar perusahaan.

Contoh Mengajukan Pertanyaan Ketika Interview

Jika anda akan mengajukan pertanyaan kepada tim penguji, ada baiknya harus yang benar-benar memiliki kualitas dihadapan tim penguji. Berani mengajukan pertanyaan akan berpeluang dan mempunyai kesempatan untuk menjadi bagian dari perusahaan. Tim penguji akan menilai anda seseorang yang penuh motivasi dan antusiasme tinggi.

Jika anda tidak diberikan kesempatan untuk bertanya, cobalah tanyakan secara hormat dan baik bahwa anda ingin menanyakan sesuatu hal tentang perusahaan ini. Berikut hal-hal yang bisa anda tanyakan kepada tim penguji :
"Seandainya saya diterima apa sajakah tugas yang harus saya jalankan dalam perusahaan ini ?" (namun sebelum itu anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang tugas, hak dan kewajiban karyawan, hal ini untuk menjaga ketika tim penguji bertanya balik. Anda bisa menjelaskan bahwa pertanyaan ini diajukan karena ingin mengetahui peran lebih dalam hanya untuk menciptakan ide maupun strategi yang anda buat nantinya.
"Keahlian apa saja yang bisa saya terapkan dalam peran ini ? Biasanya tim penguji akan memberikan gambaran tentang pekerjaan dimana anda selanjutnya akan memahami sendiri apakah anda perlu keahlian tambahan atau tidak. 
"Jika saya dilibatkan dalam tim, standar operasional seperti apa yang mereka jalankan ? hal tersebut anda tanyakan agar anda bisa mempelajari cara kerja mereka dengan mencari kekurangan dan kelebihannya. Hal dapat membantu meningkatkan kreatifitas anda. Jawaban yang diberikan tentunya bagaimana mereka bekerja, dengan siapa kamu berdiskusi jika menemukan kesulitan, siapa nanti yang akan mengandalkan kinerja anda. Hal tersebut akan membuat anda mampu beradaptasi dengan dengan cepat.
"Seberapa efektifkah jabatan atau peran yang saya pegang ini untuk perusahaan ? Disini tim penguji akan menilai bahwa anda memiliki etos kerjasama yang baik untuk memajukan perusahaan dengan melibatkan diri secara langsung.
"Bagaimana cara perusahaan menghargai kinerja karyawannya yang telah berjasa menumbuhkan perusahaan ? Hal ini tentunya tim penguji akan menjawab dimulai sesuatu hal yang terjelek terlebih dahulu, yang kemudian akan memberikan gambaran tentang pegawai yang telah sukses. 
"Pencapaian seperti apa yang diinginkan kepada saya selama masa percobaan yang perusahaan berikan kepada saya ? Disini tim penguji akan memberikan secara luas tentang apa yang harus anda kerjakan dan apa target seperti apa yang harus anda hasilkan. Dengan demikian anda akan melakukan evaluasi bagaimana anda harus bekerja.
Tanyakan tentang "Visi dan Misi Perusahaan". Hal ini dapat membuat anda mengenal lebih dekat dengan perusahaan. Jika visi misi perusahaan sejalan dengan jawaban yang anda berikan pada sesi interview tadi, maka hal ini dapat memberikan nilai plus buat anda.
Baca juga :
Cara Mengatasi Kegagalan dalam Interview
Dari semua hal yang anda tanyakan diatas tentunya akan menghasilkan satu tujuan yang baik agar bisa mengembangkan perusahaan lebih maju lagi. Anda sebagai penanya akan diberikan nilai positif dan apresiasi yang lebih dari tim penguji dan patut menjadi kandidat sebagai penerus para senior.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon