logo blog

Kamis, 29 Desember 2016

Mengapa Memasak Nasi Di Dataran Tinggi Sulit Matang ? Ini Penyebabnya

Mengapa Memasak Nasi Di Dataran Tinggi Sulit Matang ? Penyebabnya adalah dikarenakan tekanan udara pada daerah dataran tinggi atau pengunungan mempunyai tekanan lebih rendah dibanding di daerah dataran rendah yang memiliki tekanan udaranya lebih tinggi. Sehingga menyebabkan air yang digunakan untuk memasak nasi lebih cepat panas/matang.

Hal tersebut menjadikan penduduk yang bertempat tinggal didataran tinggi atau di gunung terkadang mempunyai rasa seolah-olah masih setengah matang. Ada hal yang biasa dilakukan ketika memasak nasi di daerah dataran tinggi yaitu dengan menaruh benda berat diatas tutup panci yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan tekanan udara agar lebih tinggi dan mencegah uap air keluar.

Mengapa Memasak Nasi Di Dataran Tinggi Sulit Matang ? Ini Penyebabnya

Penyebab Air Lebih Cepat Mendidih Jika Di Dataran Tinggi  

Mungkin ini yang jadi pertanyaan mengapa air lebih cepat mendidih di lokasi dataran tinggi padahal yang kita ketahui bahwa dataran tinggi memiliki hawa yang sejuk atau dingin. Mengapa air bisa mendidih ? Pertanyaan bodoh namun layak dilakukan ulasan lebih detailnya untuk menjawab semuanya.

Adanya pendidihan karena disebabkan tekanan uap pada zat cair memiliki tekanan yang sama dengan tekanan udara dari luar. Maka hal tersebut akan terjadinya penguapan yang di mulai dengan munculnya gelembung-gelembung udara ketika zat cair dilakukan pendidihan.

Untuk melakukan uji materi tersebut bisa kita lakukan dengan dua cara seperti dengan menurunkan tekanan udara dari luar agar tekanan memiliki tekanan yang sama dengan tekanan uap zat cair. Cara yang kedua dengan menaikkan temperatur zat cair sehingga tekanannya uap yang dihasilkan memiliki nilai yang sama dengan tekanan udara dari luar.

Karena pada umumnya pegunungan terletak pada area dataran tinggi maka akan memiliki tekanan udara lebih rendah, semakin rendah tekanan udara maka akan memiliki suhu yang lebih tinggi disebabkan lebih banyak menerima cahaya dari matahari. Namun mengapa justru lebih dingin padahal lebih banyak menerima cahaya matahari ? Pada dasarnya sinar matahari tidak begitu panas, namun ketika energi matahari bertemu dengan partikel pada permukaan bumi maka akan menjadi lebih panas.

Berbeda dengan ketika kita bermukim di dataran rendah akan memiliki tekanan udara lebih tinggi sehingga mempunyai suhu yang lebih rendah. Tentunya hal tersebut pada daerah dataran rendah seperti pesisir pantai misalnya, akan membutuhkan suhu yang lebih tinggi agar tekanan uap pada zat cairnya memiliki nilai yang sama dengan tekanan udara dari luar.

Dari kesimpulan diatas bahwa pada dataran tinggi akan lebih cepat mendidih jika sedang memasak air. Namun jika memasak nasi akan lebih sulit matang karena penyebabnya air menjadi cepat mendidih. Semoga Bermanfaat dan Menambah Wawasan Ilmu Pengetahuan kalian.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon