logo blog

Jumat, 02 Desember 2016

Cara Mengatasi Kesulitan Beradaptasi Dengan Lingkungan Pekerjaan Baru

Pernahkan anda merasakan grogi pada saat memulai pekerjaan pada sebuah perusahaan yang baru menerima anda ? Sebagian orang memang mampu mengatasi kesulitan beradaptasi dengan lingkungan kantor yang baru ditempati, hal itu mungkin disebabkan oleh karena mereka sudah terbiasa dan pernah melakukan pekerjaan pada perusahaan sebelumnya. Disisi lain sebagian orang memiliki rasa kesulitan, minder, grogi atau nervous saat berada pada lingkungan yang baru dikenalnya.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan khususnya untuk yang baru mengenal pekerjaan yang sesungguhnya dengan memiliki pemimpin dalam suatu perusahaan. Pekerjaan rumah bisa anda lakukan kapan saja, berbeda jika anda bekerja pada perusahaan dimana tugas anda harus diselesaikan dengan secepatnya. Berikut hal-hal untuk agar anda mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru untuk menghidari rasa ragu dalam bertindak :

Cara Mengatasi Kesulitan Beradaptasi Dengan Lingkungan Pekerjaan Baru

Mempelajari Aturan Perusahaan

Pentingnya sebuah aturan adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bekerja. Aturan yang dibuat oleh suatu perusahaan tentu memiliki tujuan dan sebagai salah satu standar operasional perusahaan. Dengan mempelajari aturan dalam perusahaan anda dapat mengambil kesimpulan bagaimana anda harus beretika dan saling menghormati antar pekerja.

Menjalin Pertemanan

Jalinlah pertemanan dengan lingkungan kantor anda dari tingkat bawah sampai atas. Kenali mereka semua dan menghargai apa yang ada pada diri mereka. Terkadang sebagian orang yang baru memulai pekerjaan akan merasa sendiri, padahal para teman yang belum anda kenal ingin anda bersikap aktif untuk melakukan atau menjalin pertemanan dengan mereka semua. Hilangkan rasa malu dan bersikap rendah hati untuk membangun rasa percaya diri anda.

Mempunyai Semangat Untuk Bekerja

Tujuan hidup adalah semua untuk ibadah. Salah satunya ialah bekerja, dimana seseorang ketika melakukan pekerjaan adalah suatu ciri dari ibadah. Menunjukkan semangat dalam bekerja adalah suatu prestasi besar dalam hidup anda. Memiliki rasa semangat dalam hal melakukan apapun akan mengangkat derajat seseorang. Konsistensi semangat bekerja keras untuk melakukan yang terbaik bukan ditentukan oleh Bos anda, tapi oleh anda sendiri. Yang mengangkat derajat anda lebih tinggi juga bukan Bos anda melainkan atas ijin Allah SWT.

Meningkatkan Kualitas Bekerja

Banyak cara untuk meningkatkan kualitas dalam pekerjaan. Contohnya saja mencari ide-ide yang dapat meningkatkan kreatifitas otak. Belajar dengan hal-hal baru untuk mendapatkan terobosan hasil karya anda sendiri. Jangan malu belajar pada senior yang terdapat dalam lingkungan pekerjaan anda. Tentunya juga nilai plus akan didapatkan dari bos anda. Terkadang keterampilan seorang murid akan lebih pintar daripada gurunya. Maksimalkan fasilitas yang diberikan kepada anda untuk melakukan pekerjaan seperti komputer yang terhubung dengan dunia luar (internet). Banyak hal baru yang bisa anda pelajari dari Internet.

Komunikasi

Berkomunikasi yang baik itu lebih baik dibandingkan anda terbawa arus percakapan yang sifatnya menurunkan wibawa seseorang. Hindari percakapan yang sifatnya gosip dan jawablah seperlunya. Tentunya jika anda memiliki komunikasi yang baik dan sopan dapat meningkatkan kinerja anda dalam hal berkomunikasi. Hal positif lainnya anda bisa menjalin hubungan lebih profesional karena anda memiliki komunikasi yang baik.

Saling Membantu

Dalam dunia pekerjaan anda harus bisa saling membantu sama lain. Bersifat individu adalah suatu hal yang tidak diperbolehkan oleh suatu perusahaan. Saling bekerjasama akan membentuk team yang solid untuk membangun perusahaan lebih maju. Dan lihat hasil apa yang anda dapatkan setelah semuanya itu berhasil. Membantu teman sekantor merupakan salah satu kesempatan untuk menunjukkan apa yang anda miliki dan tidak dimiliki mereka.

Penampilan

Berpenampilan sesuai aturan perusahaan wajib anda ikuti. Jika anda seorang wanita jangan berpenampilan yang mencolok yang dapat mengundang perhatian di lingkungan pekerjaan. Hal demikian akan menyebabkan image yang buruk atas diri anda. Memiliki kesederhanaan dalam penampilan akan membentuk suatu image yang baik.

Dari beberapa tips diatas mungkin bisa membantu anda bagaimana menghadapi lingkungan perusahaan yang baru anda kenal. Rasa percaya diri itu sangat diperlukan untuk membangun seseorang dapat meningkatkan kreatifitas demi kemajuan perusahaan dan dirinya sendiri.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon