logo blog

Sabtu, 03 Desember 2016

Tugas dan Fungsi Seorang Customer Service

Tugas dan Fungsi dari seorang pekerja dibidang customer service adalah menerima pendapat dan keluhan dari pelanggan atau klien. Setiap pendapat dan keluhan dari pelanggan harus selesaikan secara baik dengan layanan yang memuaskan dan sangat dianjurkan membina hubungan yang baik dengan klien, pelanggan atau nasabah. Selain itu seorang customer service harus memiliki rasa tanggungjawab untuk menyelesaikan suatu permasalah hingga dianggap selesai.

Customer service berperan penting dalam produk layanan yang bergerak dalam bidang jasa. Pekerjaan ini memang membuat asik karena berhubungan dengan banyak pelanggan setiap harinya. Dibalik asiknya pekerjaan tersebut pastinya terdapat rasa jenuh dan membosankan. Maka dari itu diperlukan beberapa tips untuk mengatasi rasa jenuh dalam setiap pekerjaan.

Tugas dan Fungsi Seorang Customer Service
Jika anda seorang customer service sebagai penerima tamu (receptionis) maka yang anda harus lakukan adalah mengenali terlebih dahulu apa yang terdapat didalam perusahaan
Selain pekerjaan yang mulia tentunya seorang customer service diwajibkan mempunyai sopan santun dalam berkomunikasi khususnya dengan pelanggan. Terdapat beberapa tugas dari seorang customer service yang harus anda kuasai seperti agar konsumen mendapat kepuasaan dalam setiap masalah yang dihadapinya adalah  :

Tugas Customer Service


  • Menjaga hubungan baik dengan setiap pelanggan, atasi dengan pelayanan yang maksimal seperti keramahan dalam menyampaikan solusi, mencoba tersenyum walaupun anda berada pada tekanan pihak pelanggan. Pelayanan yang anda berikan secara maksimal merupakan bentuk salah satu cermin positif untuk perusahaan dan diri anda sendiri. Hindari sebisa mungkin untuk beragumentasi dengan pelanggan.
  • Jika anda seorang customer service sebagai penerima tamu (receptionis) maka yang anda harus lakukan adalah mengenali terlebih dahulu apa yang terdapat didalam perusahaan. Seperti atasan atau bos anda beserta karyawan lainnya. 
  • Buatlah daftar karyawan karena pada umumnya seorang tamu yang datang ke perusahaan terlebih dahulu akan datang kepada anda dan menanyakan tentang nama seseorang yang akan ditemuinya.
  • Sebagai penghubung (komunikator) customer service harus membantu menyambungkan komunikasi antara pelanggan dengan salah satu karyawan pada perusahaan anda. Misalnya antara pelanggan dengan pihak marketing perusahaan.
  • Kenali produk perusahaan sebisa mungkin, biasanya calon pelanggan yang datang melalui anda akan menanyakan produk, namun jika belum terlalu paham anda bisa mengalihkannya kepada bagian marketing produk yang lebih mengerti.
  • Buatlah catatan setiap anda menerima pelanggan sedetail mungkin agar anda tidak menyalahi aturan perusahaan. Catatan yang anda buat akan membantu anda dikemudian jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Selain tugas-tugas diatas sebagai customer service juga harus didukung dengan kemampuan pada seorang yang menekuni bidang pekerjaan tersebut seperti :

  1. Memiliki Kemampuan Berbahasa minimal bisa bahasa Inggris.
  2. Selain itu harus berpenampilan menarik dan tidak harus cantik.
  3. Memiliki sikap atau kepribadian yang anda miliki dalam kehidupan yang telah anda pelajari dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat melakukan sikap kita semaunya, kita memiliki etika, sopan dalam berprilaku karena kita merupakan mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. (Attitude)
  4. Memiliki mental dan fisik yang kuat untuk menghadapi segala kemungkinan. Memiliki mental yang baik akan selalu bisa mengatasi macam-macam karakter pada setiap pelanggan. Memiliki fisik yang kuat tentunya pelayanan anda akan lebih maksimal karena anda selalu dalam keadaan sehat. 
Jika anda ingin menjadi customer service ketahui terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang akan anda jalani ketika dilakukan interview supaya diterima sebagai pegawai customer service.

Itulah ulasan bagaimana seorang customer service dalam menjalankan tugas-tugasnya yang memiliki fungsi untuk mengatasi segala pendapat dan keluhan dari setiap klien atau pelanggan. Bagikan jika ini bermanfaat.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon