logo blog

Rabu, 18 Januari 2017

Akhirnya Lekemede Blogspot Menjadi Dotcom ! Bagaimana Caranya ?

Bagaimana cara blogspot menjadi dotcom ? seperti yang telah saya lakukan pada blog lekemede ini sudah menjadi custom domain menjadi dotcom tanpa menggunakan embel-embel blogspot didalamnya. Pengalihan dari blogspot ke dotcom tentunya akan lebih mudah di ingat oleh pengguna dan terlihat lebih profesional.

Seperti kita ketahui bahwa akhiran sebuah domain banyak jenisnya seperti net, com, org, info, co, id dan lainnya. Akhiran domain tersebut merupakan domain yang bertaraf international atau Top Level Domain (TLD).

Akhirnya Lekemede Blogspot Menjadi Dotcom ! Bagaimana Caranya ?
Akhirnya Lekemede Blogspot Menjadi Dotcom ! Bagaimana Caranya ?

Alasan Merubah Blogspot menjadi Dotcom

Banyak alasan para blogger merubah nama url nya menjadi custom domain. Selain agar terlihat lebih profesional juga memudahkan pengunjung mengingat nama domain yang kita miliki. Perubahan blogspot menjadi custom domain tentunya akan memiliki dampak juga pada volume pengunjung dan struktur blog.

Dampak yang ditimbulkan ketika merubah domain menjadi TLD pengunjung akan hilang dan akan datang kembali dengan sendirinya secara perlahan. Selain itu dengan merubah domain blogspot menjadi TLD akan lebih mudah diterima jika anda ingin menjadi penayang adsense.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Menjadi Dotcom

Yang harus anda lakukan ketika merubah domain menjadi dotcom adalah sebagai berikut :

  1. Perubahan Sitemap harus dilakukan dan mendaftarkan kembali ke google webmaster tools dan lakukan verifikasi ulang dengan mengganti kode yang diberikan. (untuk mendaftarkan blog yang sudah menjadi dotcom pakailah "www") 
  2. Masukkan sitemap baru pada google webmaster tools seperti contoh "http://www.lekemede.com/sitemap.xml"
  3. Lakukan fetch as google agar artikel cepat terindeks kembali.
  4. Mendaftar kembali pada google analitics dan mengganti kode lama dengan yang baru.
  5. Perbaiki link pada template yang masih menggunakan blogspot.
  6. Jika anda melakukan submit pada bing maka anda harus merubahnya juga seperti yang anda lakukan di google webmaster tools untuk memverifikasi ulang blog anda yang telah menjadi custom domain.
Jika setelah custom domain anda ingin mendaftar menjadi publisher google adsense, maka hal tersebut jangan dulu dilakukan. Mendaftarlah ketika artikel sudah mulai terindeks semua. Spider butuh merayapi ulang blog anda yang sudah menjadi domain TLD.

Blog akan kembali normal kurang lebih selama 1 minggu tergantung intensitas spider merayapi blog baru anda. Untuk agar spider rajin mengunjungi blog, sebaiknya anda membuat artikel baru dan submit pada mesin pencari seperti bing dan yahoo.
Baca juga : Apa Itu Blog dan Mengenalnya Lebih Jauh
Cara untuk merubah blogspot menjadi dotcom bisa anda pelajari lewat situs "http://www.ralabuma.com/2016/05/panduan-blogspot-menjadi-custom-domain.html " secara lengkap dan mudah. Jika anda belum terlalu mengerti anda bisa meminta tolong pada admin tersebut agar dapat membantu anda. Semoga bermanfaat

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon