logo blog

Selasa, 24 Januari 2017

Gejala dan Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Jika anda mengalami kesulitan untuk tidur maka hal tersebut merupakan gejala insomnia. Insomnia disebut juga sebagai kelainan yang diawali dengan datangnya gejala susah untuk tidur dan memiliki gangguan fungsional saat bangun tidur. Penyebab timbulnya insomnia karena adanya suatu penyakit serta akibat adanya permasalahan psikologis.

Memiliki waktu tidur yang dianjurkan idealnya adalah 8 jam perhari akan membuat tubuh lebih sehat. Terdapat banyak hal yang mempengaruhi kita tidak banyak memiliki waktu tidur. Stress, pekerjaan dan pengaruh obat-obatan adalah beberapa contoh pemicu timbulnya insomnia.

Gejala dan Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Cara Mengatasi Insomnia

Dari banyak kasus beberapa orang mungkin sudah memiliki insomnia, namun karena keterbiasaan tidur yang tidak beraturan maka insomnia dapat memicu berbagai penyakit lainnya dan secara tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan anda. Berikut cara mengatasi insomnia yang dapat anda ketahui sebagai berikut :

Minum Susu ditambah Madu

  • Kandungan senyawa pada susu dan madu seperti "tryptophan" dapat membantu kinerja serotonin yang terdapat dalam otak dan paling efektif untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Menghindari Kafein

  • Salah satu gaya hidup dimalam hari biasanya paling enak minum kopi bukan ! Kandungan Kafein pada kopi akan membuat anda susah tidur. Alasan mereka meminum kopi disebabkan karena ingin begadang atau ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Untuk menghidari insomnia sebaiknya anda jangan terlalu banyak meminum yang mengandung kafein seperti kopi. 

Jangan Tidur Setelah Makan


  • Setelah makan malam ada baiknya anda memberikan waktu rehat sejenak untuk tubuh mencerna makanan. Proses pencernaan makanan akan terganggu jika anda langsung tidur namun hal demikian akan mengakibatkan tidur anda terganggu. Usahakan memberikan jeda waktu 1-2 jam untuk tubuh memproses makanan.

Berendam dengan Air Hangat


  • Merendam tubuh menggunakan air hangat akan membuat anda merasa rileks. Dengan air hangat otot-otot yang tegang akan menjadi kendor dan mempunyai manfaat lebih efektif untuk mengatasi insomnia. Jangan terlalu sering mandi dengan air hangat karena hal itu juga tidak baik untuk kesehatan.

Aroma Theraphy


  • Jika anda suka wangi-wangian pakailah minyak yang beraroma bunga lavender. Ruangan yang beraroma Minyak lavender memiliki fungsi tranquilizer ringan yang akan membuat anda tertidur pulas.

Pijatan


  • Melakukan pijat relaksasi sama halnya dengan ketika anda beremdam air panas. Otot-otot yang tegang akan menjadi kendur dan dengan pijat dapat membantu sirkulasi darah berjalan normal. Hal demikian tentunya akan membuat anda mudah mengantuk dan cara ini lebih populer dengan cara lainnya untuk mengatasi insomnia.

Selain itu jika anda sulit tidur terdapat jenis makanan yang bisa membuat anda tertidur pulas. Dari beberapa cara diatas mungkin bisa anda implementasikan untuk gaya hidup sehat dan cara untuk mengatasi insomnia atau susah tidur.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon