logo blog

Jumat, 03 Februari 2017

Cara Lekemede Mendapatkan Akun AdSense Non Hosted

Salah satu syarat untuk mendapatkan Akun AdSense Non Hosted adalah dengan mempunyai situs yang mempunyai Top Level Domain (TLD). Apa yang dimaksud dengan domain level tingkat atas ? Penjelasan tersebut telah saya uraikan pada artikel sebelumnya bagaimana cara meningkatkan blogspot menjadi dotcom atau custom domain. Lalu apakah yang dimaksud dengan Adsense Non Hosted ? Sebagian artikel tentang mengenal Adsense bisa anda baca pada artikel Mengenal Apa Itu Google Adsense.

Kelebihan akun Adsense Non Hosted sendiri bisa dipasang dimana saja selama situs tersebut tidak melanggar dan layak untuk menampilkan iklan.

Cara Lekemede Mendapatkan Akun AdSense Non Hosted

Apakah iklan adsense bisa dipasang pada blog lainnya yang berbeda email atau misalnya situs orang lain ? 

Bisa ! dengan cara melakukan otorisasi situs terlebih dahulu.

Bagaimana cara melakukan otorisasi situs ? 

Buka dashboard adsense kemudian pilih menu "setting" lalu "mysite" kemudian tambahkan URL nama situs yang akan diotorisasi dengan terlebih dahulu (terdapat tombol (+) untuk menambahkan situs yang akan di otorisasi).

Apa yang terjadi jika tidak di otorisasi ? Menampilkan kode iklan pada situs lain tanpa adanya otorisasi maka akan muncul pemberitahuan bahwa iklan anda muncul pada situs lain dan akan mengurangi pendapatan. Jadi jika ada yang mencuri kode iklan atau belum dilakukan otorisasi maka akan muncul pemberitahuan tersebut.

Kembali pada topik diatas bagaimana cara mendapatkan akun Adsense Non Hosted. Terdapat dua (2) metode yang bisa anda gunakan :
  1. Melalui halaman google adsense sendiri.
  2. Melalui adsense youtube yang sudah di disetujui.

Apakah perbedaan dua metode tersebut ? 

Pengalaman saya ketika mendaftar lewat halaman google adsense anda bisa langsung masuk pada dahsboard adsense dan langsung mendapatkan akun non hosted. Namun jika anda membuat unit iklan dan menempatkannya pada blog, iklan tidak langsung muncul sampai mendapatkan persetujuan melalui email. Jangka waktu untuk menunggu persetujuan tergantung dari google sendiri. Namun pengalaman sampai beberapa bulan belum ada konfirmasi apapun melalui email dan iklan pun hanya blank alias tidak tampil.

Maka metode yang kedua untuk mendapatkan akun adsense non hosted adalah cara yang paling efektif. Cara saya mendapat 2 akun non hosted pun melalui cara kedua tersebut. Dengan tips seperti itu maka dalam jangka waktu tidak lama kurang lebih 3 hari anda akan mendapatkan email penolakan atau persetujuan. Upgrade adsense hosted yang didapatkan dari youtube untuk menjadi non hosted banyak dilakukan oleh para blogger lainnya juga.
Note : Jika blog anda sudah didaftarkan google adsense sebaiknya untuk youtube anda gunakan email yang berbeda. 
Jika anda sudah mendapat akun adsense youtube yang sudah disetujui dan akan dilakukan peningkatan menjadi adsense non hosted dengan email yang berbeda (baru) kemudian anda undang blog yang sudah di custom domain tersebut (TLD) dari email yang digunakan oleh youtube untuk menjadi admin dan email yang lama menjadi pengarang.

Kemudian daftarkan blog kembali melalui google webmastertool dan google analitics untuk mendapatkan meta kode yang baru. Masukkan kode tersebut untuk mengganti kode yang lama untuk mendapatkan peng-indekskan.

Hapus blog anda yang ada pada google webmastertool dan analitics yang menggunakan email lama. Biarkan beberapa hari untuk robot merayapi kembali blog anda dengan kode yang baru. Biasanya bisa langsung terindeks atau lamanya 2-3 hari.
Note : Ingat email baru menjadi admin dan email lama menjadi pengarang. Jika anda ingin pengarang dihapus itu pun bisa dilakukan. 
Setelah terindeks kemudian anda buka dashboard adsense youtube anda, kemudian melalui menu "MyAds" pilih atau cari menu "Others Product" kemudian masukan nama blog anda yang sudah di custom domain (TLD).

Dalam beberapa jam anda diharuskan (mendapatakan pemberitahuan) untuk menempatkan unit iklan pada situs yang akan menampilkan iklan. Buatlah unit iklan satu saja dengan ukuran 300x250 dan tempatkan pada side bar.

Kemudian anda tunggu 3 hari untuk mendapatkan email persetujuan atau penolakan dari google adsense.

Dari beberapa kasus memang yang terjadi akan terjadi penolakan terlebih dahulu. Namun dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan akun google adsense non hosted.

Jika isi penolakan yang menjelaskan tentang konten tidak memadai dan banyak gambar atau hal lainnya, lakukan pengeditan pada gambar sebanyak 30% saja. Setelah melakukan pengeditan buatlah 1 atau 2 artikel yang kemudian anda lakukan "fetch as google" melaluigoogle webmaster tool. Kemudian ajukan kembali selang 1 hari agar perubahan bisa terindeks oleh google boot.

Pada pendaftaran ulang yang kedua biasanya bisa mendapatkan persetujuan. Namun jika anda ditolak kembali dengan isi penolakan yang sama bisa jadi perubahan yang anda buat belum terindeks oleh spider (google bot). Jadi pada penolakan kedua anda rubah gambar sebanyak 100%. Kemudian buat artikel kembali dan lakukan kembali pendaftaran ulang. Namun jika kembali penolakan anda bisa memastikan hal yang terkait dengan penolakan tersebut dibawah ini sebagai bahan referensi :

  1. Pastikan nomer ponsel dan alamat yang diajukan saat mendaftar youtube tidak pernah diajukan sebelumnya.
  2. Pastikan anda tidak pernah mendaftar adsense melalui "tab penghasilan" pada dashboard blogger karena itu hanya untuk mendaftar blogspot saja bukan untuk domain TLD. Jika anda pernah melakukan hal tersebut tunggu sampai ada email penolakan masuk. Kemudian non aktifkan tab penghasilan.
  3. Pastikan artikel anda original bukan hasil copy paste.
  4. Jangan anda ketertkaitan dengan email lain yang pernah mendaftar adsense.
  5. Clear history pada setiap browser.
  6. Usahakan membuat video youtube yang original bukan dari video yang berasal dari creative commons.
Memang untuk mendapatkan akun adsense non hosted bukanlah sesuatu hal yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan mempelajari bagaimana google bot bekerja. Mengikuti acuan dari isi penolakan sangat mungkin anda akan mendapat persetujuan. Silahkan ikuti blog ini atau berkomentar yang relevan dengan artikel ini. Jangan sungkan untuk bertanya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon