logo blog

Minggu, 05 Februari 2017

Tips Membuat Blog SEO Full Optimasi dan Friendly

Kali ini saya akan mencoba memberikan tips untuk membuat blog yang full optimasi. Blog yang SEO Friendly tentunya akan mudah di indeks oleh mesin pencari. Ciri blog yang sudah di optimasi salah satunya adalah akan mudah di indeks oleh mesin pencari selain itu blog yang memiliki artikel original tentunya akan dapat bersaing dengan blog yang sudah mempunyai banyak konten.

Pentingnya blog yang memiliki struktur yang baik akan lebih mudah diterima untuk menjadi seorang publisher google adsense. Semakin banyaknya publisher yang ingin menjadi bagian dari adsense membuat para pembuat blog berlomba lomba untuk membuat konten dan tampilan blog yang menarik minat pengunjung untuk kembali mengunjungi blog anda.

Tips Membuat Blog SEO Full Optimasi dan Friendly
Apa yang dimaksud dengan seo friendly ? SEO singkatan dari Search Engine Optimation, manfaat seo untuk blog adalah untuk mendapatkan trafik organik dari mesin pencarian
Berbicara masalah tampilan tentunya berhubungan dengan template. Pentingnya memilih template yang ramah mesin pencari, memiliki kecepatan, responsive jika dilihat dalam mode apapun seperti ketika dilihat dari smartphone dari kelas bawah sampai kelas high end tentunya akan lebih baik lagi jika template tersebut sudah seo friendly.

Apa yang dimaksud dengan seo friendly ? SEO singkatan dari Search Engine Optimation, manfaat seo untuk blog adalah untuk mendapatkan trafik organik dari mesin pencarian. Mendapatkan trafik organik akan mempunyai manfaat besar bagi keberlangsungan blog itu sendiri. Nilai klik dari iklan jauh lebih besar dibandingkan trafik yang berasal dari sosial media.

Sosial media memang sebagai fasilitas untuk mendapatkan trafik secara gratis. Namun hal itu akan di anggap sebagai spam jika anda terlalu berlebihan dalam share artikel ke berbagai sosial media. Jadi usahakan untuk tidak terlalu menyebar konten yang secara berlebihan, lambat laun hal tersebut bisa menjadikan akun anda dilakukan pemblokiran. Jika anda ingin mencobanya silahkan hal tersebut akan membuat blog anda semakin tenggelam.

Kembali pada topik judul diatas bahwa terdapat hal hal yang perlu di persiapkan seperti nama domain, deskripsi, template, niche, kata kunci dan konten. Sekarang admin akan coba meringkasnya sebagai berikut :

  • Nama domain sendiri bisa menggunakan nama pribadi, perusahaan atau yang berhubungan dengan nama singkatan lainnya. 
  • Deskripsi sangat penting untuk sebuah blog agar bisa menjadi lebih SEO. Kebergunaan deskripsi bisa anda baca pada artikel Fungsi Deskripsi Penelusuran.
  • Pengertian Niche dalam dunia blogging bisa disebut sebagai tema atau blog yang membahas suatu produk atau hal laiinya. Untuk lebih detail anda bisa membaca artikel lengkapnya pada Apa Itu Blog dan Jenisnya.
  • Sedangkan untuk template sendiri gunakanlah tempate yang bisa dibuka oleh semua gadjet apapun. Template yang mempunyai loading lebih lambat lama-lama akan ditinggalkan pengunjungnya. Untuk menguji sebuah template anda cukup menggunakan tool yang disediakan oleh google seperti jika ingin menguji kecepatan anda bisa menggunakan pagespeedinsight dan untuk mengetes apakah template anda mobile friendly anda bisa menggunakan alat penguji mobile friendly
  • Konten bisa berbentuk video, artikel ataupun suatu produk tertentu. Jika anda mempunyai konten yang bagus dan banyak dicari orang maka blog anda akan banyak dikunjungi lebih banyak pengunjung. 
  • Dalam ilmu SEO ada yang disebut dengan nama "keyword" atau kata kunci. Pengunjung yang mencari informasi melalui google penelusuran atau mesin pencari lainnya seperti Bing dan Yahoo akan menggunakan kata kunci. Contohnya saja anda sedang ingin mencari suatu artikel yang berhubungan dengan cara membuat blog, tentu saja antara lain pengunjung akan menggunakan kata kunci "bagaimana cara membuat blog". Jika kata kunci tersebut digunakan pada blog anda maka kemungkinan muncul dihalaman depan itu selalu ada tergantung anda bagaimana mengolah artikel tersebut agar bisa tampil dihalaman utama mesin pencari. 
Anda bisa membaca artikel yang berhubungan dengan kata kunci pada blog ini Cara Menempatkan Kata Kunci dalam Judul dan Halaman Artikel.

Jika anda sudah paham atau belajar semua yang disebutkan diatas, maka saya yakin anda bisa membuat blog yang SEO dan Friendly. Ketatnya untuk memilih kata kunci mengharuskan anda bagaimana menentukan kata kunci agar bisa mengatasi persaingan SEO dengan blog lainnya.

1 komentar:

Mantap tips SEO nya bos, semoga blog saya bisa SEO Friendly di zaman algoritma yang semakin ganas ini.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon