logo blog

Rabu, 06 September 2017

Cara Mempertahankan Karir Bagi Pekerja Freelance

Pengertian Freelance adalah jenis pekerjaan yang tidak mengikat dimana anda bisa mengatur waktu sesuka hati anda. Jenis pekerjaan ini tentunya lebih menghasilkan ketimbang menjadi pekerja kontrak di perusahaan. Dimana jika anda bekerja pada suatu perusahaan maka pendapatan yang anda dapat sesuai dengan kebijakan perusahaan yang telah diatur oleh pemerintah seeperti Upah Minimum Regional (UMR).

Cara Mempertahankan Karir Bagi Pekerja Freelance
Mempertahankan Karir Pekerja Freelance (credit by Pixabay)


Berbeda hal nya bagi mereka yang bekerja secara freelance, mereka dapat mengatur waktu, mengatur pendapatan dan bisa menyisihkah lebih banyak waktu untuk keluarga. Mengapa pendapatan pekerja freelance lebih besar ? karena mereka lebih banyak menjual produk lebih dari satu item dan lebih produktif. Mereka banyak bekerjasama dengan perusahaan tanpa harus terikat dengan perusahaan tersebut.

Bagi anda yang tidak produktif jangan harap karir anda dalam dunia freelance bisa berkembang.

Cara Mempertahankan Karir


Jika menjadi pekerja freelance menjadikan karir anda lebih sukses maka diperlukan kiat khusus yang mungkin bisa anda presentasikan untuk mempertahankan karir anda tetap bertahan dan lebih sukses lagi. 

1. Meningkatkan Keterampilan

  • Mengasah keterampilan adalah salah satu cara untuk mempertahankan karir anda tetap langgeng. Ilmu bisa didapat dimana saja salah satunya internet dimana anda bisa mencari keterampilan apa saja yang bisa anda pelajari. Mengembangkan keterampilan pada diri anda akan menjadikan perkembangan karir anda lebih meningkat dan tentunya pendapatan pun bisa bertambah.
  • Sebagai bahan rujukan ada baiknya anda memaksimalkan keterampilan yang anda miliki. Misalnya anda adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam bidang percetakan. Maka anda perlu mengetahui jenis dan desain seperti apa yang sekarang sedang trend. Asah kemampuan anda dalam bidang desain produk yang anda jual belikan.  

2. Manajemen Waktu


  • Jika karyawan yang memiliki ikatan mempunyai waktu bekerja selama 8 jam, maka anda juga harus bisa menempatkan waktu yang sama. Kelebihan bagi anda pekerja freelance tentu saja dapat menambah waktu bekerja sesuka hati. Pekerja freelance bisa menentukan kapan waktu mereka memulai, tidak seperti yang terikat mereka harus masuk kerja jam 8 pagi misalnya, lebih dari jam tersebut alias terlambat tentu saja akan di tegur oleh perusahaan. 


3. Membangun Kredibilitas


Kualitas seorang pekerja freelance bukan saja dari keterampilan dalam membuat sebuah desain misalnya, namun kredibiltas juga harus dibangun. Membangun jaringan yang terkait dengan produk anda tentu saja akan meningkatkan kredibilitas anda dengan syarat anda harus membangun kepercayaan pada jaringan dan jangan pernah mengecewakannya.

4. Promosi Melalui Website

  • Jika anda yang tidak gaptek tentang teknologi tentu saja membangun website adalah salah satu hal yang bisa mempertahankan karir anda. Situs Web adalah salah satu brand yang anda miliki agar terlihat lebih profesional dan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pada pelanggan maupun jaringan yang anda buat.
  • Sosial Media adalah salah satu sarana promosi terbaik di dunia online dan dapat terhubung secara langsung dengan website yang anda miliki dan secara tidak langsung dapat memperluas jaringan anda.

Pada kenyataannya banyak juga bagi pekerja freelance yang tidak dapat mempertahankan karirnya. Dari beberapa kasus dimungkinkan karena kurang produktif alias malas, tidak bisa mengasah keterampilan yang akhirnya mereka beralih kepada seorang pekerja yang terikat dengan perusahaan.

Saya sendiri adalah seseorang pekerja  yang belum terikat alias freelance karena sedang dalam masa studi. Namun saya bisa meluangkan waktu untuk menjadi pekerja di online dimalam hari selama 2 jam. Contohnya saja saya bekerja sama dengan situs Ralabuma.com yang memberikan saya kesempatan untuk mempromosikan produknya seperti Membuat Website, Pemasangan Kamera CCTV, Mesin Antrian dan Aplikasi Android.


Karena saya begitu mengenal teknologi maka saya fokus dalam memasarkan membuat website dimana saya diberikan kompensasi sebesar Rp. 500.000 setiap ada yang memesan pembuatan website. Dalam sebulan saya mempunyai target 4 sampai 6 konsumen dan secara terus menerus saya lakukan sampai sekarang ini. Jika ingin bergabung dan ingin membuat website silahkan hubungi mereka di website ralabuma. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda dan share jika ini bermanfaat buat ANDA tentu saja berguna juga bagi TEMAN anda lainya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon