logo blog

Minggu, 08 Oktober 2017

Cara Cepat Membuat Tanda Pangkat Atas dan Bawah di Ms Word

Terdapat perintah atau tool di dalam microsoft word yang memungkinkan kalian bisa membuat tanda pangkat di atas maupun dibawah. Dengan menggunakan tool superscript dan subscript akan memudahkan anda membuat pangkat, rumus atau derajat. Pada pelajaran matematika tentunya sering menggunakan tanda pangkat dan rumus-rumus tertentu.

Cara Cepat Membuat Tanda Pangkat Atas dan Bawah di Ms Word


Tool superscript dan subscript yang terdapat pada microsoft office 2007 keatas biasanya sudah ada pada menu bar home seperti contoh gambar dibawah ini terdapat tool superscript yang berlogo X² dan X₂, kalian tinggal blok huruf/angka yang akan dibuat tanda pangkat dan klik pada logo menu tersebut :

Contoh Membuat Tanda Pangkat Atas dan Bawah di Ms Word


Namun bagi versi microsoft office 2003 ke bawah tidak perlu khawatir karena ada cara tertentu untuk membuat tanda pangkat dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Untuk membuat tanda pangkat diatas cukup anda blok angka yang akan dibuat pangkat.
  • Kemudian klik kanan pada angka tersebut dan pilih Font
  • Kemudian akan muncul kotak dialog dan berikan tanda ceklis pada tool superscript atau subscript sesuai pangkat yang anda gunakan apakah mau diatas atau dibawah.

Sangat mudah bukan ? Ada metode cara cepat membuat pangkat yaitu dengan menggunakan tombol kombinasi pada keyboard sebagai berikut :


  • Setelah anda blok huruf atau angka yang akan dibuat pangkat, kemudian tekan tombol keyboard CTRL+SHIFT++, Maka anda akan melihat perubahan bahwa huruf yang anda blok tadi sudah menjadi bilangan pangkat diatas.
  • Jika angka atau huruf ingin menjadi subscript maka cukup menekan tombol keyboard CTRL+=, maka anda akan melihat perubahan teks tersebut menjadi berada dibawah.   

Jika ingin mengedit secara cepat maka anda bisa mengetahui tombol pintas apa saja yang terdapat dalam microsoft word pada artikel sebelumnya yang berjudul Rahasia Edit Cepat di Ms Word. Selamat belajar membuat tanda pangkat di microsoft word. Ikuti terus blog pendidikan ini dan SHARE agar menjadi lebih berguna untuk teman anda.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon