logo blog

Minggu, 08 Oktober 2017

Cara Membuat Rumus Penjumlahan di Microsoft Word

Biasanya untuk membuat laporan keuangan selalu menggunakan microsoft excel, namun bagaimana jika menggunakan microsoft word apakah bisa ? yah bisa dengan menggunakan tool formula yang terdapat pada ms word tersebut. Meskipun tidak selengkap ms excel namun keberadaan rumus atau formula yang terdapat di microsoft word memudahkan pengguna jika dalam membuat dokumen terdapat table perhitungan.

Cara Membuat Rumus atau formula Penjumlahan di Microsoft Word


Cara menyisipkan Formula 

Cara menyisipkan formula rumus perhitungan di ms word tersebut sendiri tidak terlalu sulit untuk membuatnya. Pada dasarnya hampir sama seperti ms excel. Untuk lebih jelasnya mungkin gambar dibawah ini dapat membantu kalian memahami cara penggunaan formula tersebut.

formula microsoft word

Jika pada table tersebut sudah berisi formula maka disaat anda merubah nilai pada kolom maka hasilnya pun akan berubah seperti halnya di ms excel. Membuat rumus formula di ms word juga diperlukan kejelian dimana jika anda salah dalam menentukan cell yang akan di jumlahkan maka rumus tersebut tidak akan menghasilkan apa-apa.

Cara Membuat Rumus di Ms Word

Untuk membuat rumus di ms word hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat table terlebih dahulu. Berikut selengkapnya :

  • Buat table di microsoft word sesuai contoh gambar dibawah.
contoh table
  • Kemudian arahkan krusor mouse pada kolom yang akan menampilkan hasil dari kolom yang akan di jumlahkan.
  • Kemudian anda cari menu Layout pada menu bar.
menu layout formula

  • Selanjutnya pilih icon formula pada group menu seperti gambar diatas, maka akan muncul jendela baru yang kemudian anda harus membuat rumus tersebut.
  • Isi formula tersebut sesuai contoh gambar dibawah dan OK.
cara membuat rumus di ms word


Pada gambar contoh table diatas, yang perlu kalian pahami adalah posisi letak angka 60 dan 100. Posisi letak angka 60 adalah pada cell A2 sedangkan letak angka 100 pada cell B2. Maka rumusnya adalah A2*B2 dan hasilnya adalah 6000. 

Baca juga : 


Untuk cell selanjutnya saya kira anda bisa melakukannya sendiri dengan membuat uji coba terlebih dahulu. Semoga Bermanfaat

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA :

A. Berikan komentar terbaik dan relevan dengan artikel.
B. Kritik dan Saran saya terima agar konten menjadi lebih baik.
C. Jangan Menempatkan LINK Mati/Hidup. Setiap Komentar akan memberikan kontribusi balik kepada Anda.
EmoticonEmoticon