Cara Mudah Membuat Nomor Urut Otomatis Di Excel
Cara Mudah Membuat Nomor Urut Otomatis Di Excel

Cara Mudah Membuat Nomor Urut Otomatis Di Excel

Belajar microsof excel kali ini ialah bagaimana cara membuat nomer urut secara otomatis dengan cepat mudah

Cara Mudah Membuat Nomor Urut Otomatis Di Excel
Tutorial Membuat Nomer Urut Otomatis
Tema belajar microsof excel kali ini ialah bagaimana cara membuat nomer urut secara otomatis dengan cepat mudah. Hampir pada setiap laporan biasanya terdapat nomer urut yang kegunaannya adalah supaya mudah dimengerti dan menandai bagian yang terpenting dalam setiap laporan.

Bayangkan saja jika anda mengetiknya satu persatu, padahal nomer yang anda buat harus ribuan, ditambah lagi pasti ada kesalahan ketika membuat nomer urut secara manual. Selain itu sangat menyita waktu pekerjaan.

Pada kesempatan saat ini penulis akan memberikan tutorial yang mudah anda mengerti, belajar excel itu harus dari dasar dan bertahap, jika tidak anda malah bingung nantinya. Berikut cara gampang dan cepat membuat nomer urut :
  • Pertama (lihat gambar) anda ketikan angka 1 dan 2 dibawah angka 1 pada cell yang akan menggunakan nomer urut. Misalnya A1 dan A2
  • Kemudian kalian kedua Cell tersebut yang sudah terdapat angka tadi
  • Selanjutnya kalian arahkan cursor mouse pada pojok kanan dibawah Cell A2 yang kemudian muncul seperti tanda (+).
  • Lalu kalian drag (tarik) tanda tersebut kebawah dengan menahan mouse kiri sampai nomer urut dan baris yang akan kalian gunakan. Selesai
cara mudah membuat nomer urut di excel
Belajar Membuat Nomer Urut Secara Otomatis di Excel
Terdapat cara lain yang dapat anda pelajari selain cara diatas. Mohon maaf untuk gambar flash nya tidak bisa saya upload dikarenakan akan membuat loading blog ini melambat. Kalian bisa mencoba sendiri hitung-hitung belajar. Berikut panduannya :

Membuat Nomor Urut Otomatis Di Excel

Menggunakan fungsi rumus excel ROW, untuk kelebihan rumus ROW ini sendiri adalah ketika ada data pada sebuah tabel di Filter atau sorter maka nomor urut akan tetap urut sesuai urutannya. Untuk membuat nomor urut dengan fungsi ROW seperti ini :
  • Pada cell A1 kalian ketikan rumus =ROW() 
  • Kemudian kalian Arahkan cursor pada pojok kanan bawah cell A1 sampai ada tanda (+) kecil. 
  • Selanjutnya tinggal kalian drag and drop atau klik kiri, tahan dan tarik ke bawah sampai baris yang diinginkan. Hampir sampai dengan tutorial yang pertama
Nah demikian cara mudah belajar membuat nomer urut otomatis menggunakan microsoft excel. Semoga bermanfaat khususnya bagi kalian yang pemula.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ini adalah tentang ku dan Blog kecil ini yang selalu senang berbagi dalam dunia pendidikan, karir, gaya hidup dan info lainnya.