Cara Cepat Membuat Daftar Hadir Menggunakan Rumus Microsoft Excel
Cara Cepat Membuat Daftar Hadir Menggunakan Rumus Microsoft Excel

Cara Cepat Membuat Daftar Hadir Menggunakan Rumus Microsoft Excel

Agar pembuatan lebih cepat terdapat cara untuk membuat daftar hadir atau absensi menggunakan microsoft excel

Cara Cepat Membuat Daftar Hadir Menggunakan Rumus Microsoft Excel
Belajar Membuat Daftar Hadir dengan Ms Excel 
Terdapat beberapa cara untuk membuat daftar hadir atau absensi seperti dengan cara manual menggunakan penggaris atau dengan microsoft word namun agak lama pengerjaannya karena harus membuat table terlebih dahulu. Tapi bagi yang sudah terbiasa dengan ms word biasanya hal tersebut terlihat cepat dan mudah. Agar pembuatan lebih cepat terdapat cara untuk membuat daftar hadir atau absensi menggunakan microsoft excel.

Cara Membuat Daftar Hadir di Microsoft Excel

Daftar hadir atau absensi biasa dibuat oleh seorang tenaga administrasi seperti sekretaris atau guru sekolah, perusahaan dan lainnya. Daftar hadir sendiri memiliki fungsi untuk melihat siapa saja yang hadir saat itu. Daftar hadir/absensi sendiri merupakan peraturan yang baku untuk sebuah institusi apapun karena termasuk dalam tata tertib administrasi. Daftar hadir sendiri sangat banyak sekali kegunaannya seperti menentukan nilai/gaji/kedisiplinan dan banyak lainya.


Daftar hadir sendiri ada yang sifatnya dibuat instan atau permanen. Biasanya daftar hadir yang sifatnya instan digunakan pada sebuah rapat, pertemuan bahkan pernikahan. Daftar hadir yang sifatnya permanen biasanya digunakan oleh sebuah institusi pemerintahan, sekolah maupun perusahaan. Berikut contoh cara membuat daftar hadir menggunakan microsoft excel secara cepat dengan rumus :

  • Buatlah lembar kerja baru di Microsoft Excel seperti contoh gambar dibawah ini :  
Cara Membuat Daftar Hadir Microsoft Excel
  • Kemudian pada cell/kolom C3 kalian masukan rumus : =A3&". .........." (A3 menunjukkan pada no urut 1) kemudian ENTER
  • Kemudian pada cell/kolom D4 kalian masukan rumus : =A4&". .........." (A4 menunjukkan pada no urut 2) lalu ENTER
  • Selanjutnya kalian blok kedua kolom yang terdapat rumus tersebut dan lakukan drag ke bawah sampai angka 10 dengan menggunakan mouse seperti gambar dibawah ini :
  • Maka secara otomatis pada kedua kolom tanda tangan terdapat angka yang berurutan seperti gambar pertama di atas.
Sangat mudah bukan ! Setelah anda bisa mengikuti tutorial ini maka saatnya kalian beri judul atau membuat cantik daftar hadir tersebut. Demikian cara cepat membuat daftar hadir atau absensi menggunakan microsoft excel. Selamat belajar
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ini adalah tentang ku dan Blog kecil ini yang selalu senang berbagi dalam dunia pendidikan, karir, gaya hidup dan info lainnya.